10 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Siswa Lulusan SMK

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:49 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Siswa Lulusan SMK
Jurusan teknik informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata tidak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Simak referensi 10 jurusan kuliah bagi anak SMK yang masih bingung menentukan jurusan.

Sama halnya dengan lulusan SMA, jurusan yang bisa dipilih oleh siswa SMK tersedia banyak di perguruan tinggi di Indonesia. Yang perlu diperhatikan adalah, pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat. Selain itu sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.



Melansir dari laman Ruang Guru di ruangguru.com, berikut ini 10 jurusan yang bisa menjadi pertimbangan lulusan SMK dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

1. Jurusan Arsitektur
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang di pelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Jurusan Arsitektur akan mengajari mahasiswanya tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Untuk masuk di jurusan ini paling tidak harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.



Beberapa kampus yang membuka jurusan arsitektur di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Prospek karier dari jurusan ini terbuka lebar mulai dari menjadi seorang Arsitektur, bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin
Jurusan bisa dipertimbangkan bagi siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin yang setelah lulus ingin melanjutkan kuliah. Kamu yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini.

Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika
Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kamu dapat di SMK, bisa kamu kembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD

4. Jurusan Farmasi
Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat, lho. Saat kuliah di Jurusan Farmasi tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.

Tidak hanya bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

5. Jurusan Akuntansi
Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa kamu dipilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Dasar ilmu akuntansi yang dipelajari di SMK bisa diperdalam lagi di jurusan ini.

Dengan gelar Sarjana Ekonomi yang didapat, lulusannya bisa memulai karier sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Ada beberapa kampus yang mempunya Jurusan Akuntansi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran
Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), bisa melanjutkan kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran.

Jurusan ini akan mempelajari tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

Lulusannya bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan.

7. Jurusan Pariwisata
Ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Pariwisata karena kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? Keinginan ini bisa dilakukan karena bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian kariermu di jurusan ini.

Nantinya, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan.

Salah satu keterampilan yang harus kamu punya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara.

Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Kamu bisa menjadi seorang Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

8. Jurusan Tata Busana
Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, kamu juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion.

Berbagai keterampilan tersebut bisa menjadi dasar untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Menariknya, di jurusan ini juga akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model.

Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, biasanya di akhir semester perkuliahan, kamu akan diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan menampilkan baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.



9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Apabila kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis dan tertarik mengasah kreativitasmu lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan S1.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan kemampuanmu, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI). Lulusan dari jurusan ini kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

10. Jurusan Film dan Televisi
Salah satu jurusan kuliah yang bisa dipilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah kamu peroleh di SMK, kamu juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Saat ini lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan seiring dunia perfilman yang tumbuh pesat. Karier yang bisa dicoba di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)