Jokowi akan Beri Kuliah Umum Bertema Pancasila dan Keindahan Tradisi di Unpar

Jum'at, 14 Januari 2022 - 00:50 WIB
loading...
Jokowi akan Beri Kuliah Umum Bertema Pancasila dan Keindahan Tradisi di Unpar
Rektor Unpar, Mangadar Situmorang menerangkan rencana kunjungan Presiden Jokowi dalam Dies Natalis ke-67 Unpar, Kamis (13/1). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri kegiatan Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyanan (Unpar), Senin (17/1/2022) mendatang.

Sebanyak tiga agenda besar akan dijalani Jokowi dalam kunjungannya di Unpar tersebut, salah satunya memberikan kuliah umum atau presidential lecture yang bakal diikuti sekitar 10.000 civitas akademika Unpar, baik secara luring maupun daring.



Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. mengatakan, Jokowi akan mengangkat tema "Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi" yang juga menjadi tema besar Dies Natalis ke-67 Unpar.

"Kami akan sangat antusias mendengarkan paparan atau presidential lecture Bapak Presiden ini," ungkap Mangadar dalam konferensi pers Dies Natalis ke-67 Unpar di Kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Kamis (13/1/2022).

Mangadar menerangkan, latar belakang tema yang diusung dalam presidential lecture tersebut. Menurutnya, tema tersebut sangat lekat dengan jati diri Unpar yang mengusung semangat Pancasila saat awal berdiri.



"Tema Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi juga sangat relevan dengan kondisi bangsa ini, terutama di saat seluruh bangsa Indonesia menghadapi dampak pandemi COVID-19," katanya.

Mangadar yakin, pemaparan Jokowi akan memberikan warna baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih, Unpar pun sangat berkepentingan dan merasa terhormat menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasiskan nilai-nilai Pancasila.

"Unpar ingin mengukuhkan dan memberikan dukungan kepada Bapak Presiden bahwa Pancasila itu adalah kekuatan kita bersama, Pancasila itu kekuatan rakyat," tegasnya.

Lebih lanjut Mangadar mengatakan, selain memberikan presidential lecture, agenda kedua yang akan dilaksanakan Jokowi, yakni menyaksikan penyerahan beasiswa secara simbolis kepada 10 orang mahasiswa Unpar.

"Setiap tahun, Unpar memberikan beasiswa hingga mencapai Rp12 miliar. Nantinya, Bapak Presiden juga akan menyaksikan penyerahan beasiswa secara simbolis," katanya.

Adapun agenda terakhir yang akan dilaksanakan Jokowi, yakni meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) yang mulai dibangun 2017 dan baru rampung 2021 lalu.

Menurut Mangadar, gedung baru yang dibangun dengan biaya yayasan ini juga dilengkapi auditorium dengan kualitas akustik terbaik di Asia. Auditorium ini bakal menjadi pusat pembelajaran lintas ilmu hingga seni budaya serta talenta.

"Kami juga sangat berharap, Bapak Presiden berkenan meresmikan gedung ini dengan menandatangani prasasti," katanya.

Masih di tempat yang sama, Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Dewi Kaniasari memastikan bahwa kegiatan Dies Natalis ke-67 Unpar akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

"Kegiatan ini dikategorikan sebagai kegiatan MICE. Prokes akan benar-benar diperhatikan, agar tidak memberikan contoh buruk," tegasnya.

Selain menerapkan pembatasan kapasitas tamu undangan yang hadir, seluruh tamu undangan, termasuk pengisi acara juga diwajibkan menjalani tes PCR.

"Undangan dan seluruh panitia harus sudah divaksin dan H minus 1 harus dites PCR, harus negatif dan disampaikan kepada panitia," katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)