Magang Bersertifikat, Ini Manfaat Ikut Program MSIB bagi Mahasiswa

Jum'at, 14 Januari 2022 - 15:56 WIB
loading...
Magang Bersertifikat, Ini Manfaat Ikut Program MSIB bagi Mahasiswa
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat ( MSIB ) ditutup hari ini, Jumat ( 14/1/2022). Masih ada kesempatan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar di luar kampus melalui program magang dan studi independen bersertitfikat yang banyak manfaatnya ini.

Program MSIB merupakan salah satu program utama Kemendikbudristek yang ditawarkan kepada mahasiswa melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga: 15 PTN Terbaik Indonesia versi Webometrics 2022, UI Masih Kokoh

Magang bersertifikat memberi mahasiswa kesempatan mendapat pengalaman kerja di dunia industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skill dan soft skill agar mahasiswa makin mantap memasuki dunia kerja dan karier.

Adapun studi independen bersertifikat bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan dunia industri.

Baca juga: 15 PTS Terbaik Indonesia versi Webometrics 2022, Cek Daftarnya

Pendaftaran MSIB sendiri dibuka sejak 7 Desember 2021. Awalnya pendaftaran dibuka hanya sampai 7 Januari namun kemudian diperpanjang sampai 14 Januari.

Ada 2 laman pendaftaran yang bisa diakses untuk pendaftaran. Yaitu, untuk mendaftar Magang bersertifikat laman pendaftarannya adalah di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang.

Sementara untuk mahasiswa yang tertarik menjalani studi independen bersertifikat bisa membuka laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Diktiristek di @ditjen.dikti, Kamis (13/1/2022), berikut ini manfaat mengikuti magang dan studi independen bersertifikat bagi mahasiswa.
1. Peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang
2. Pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari universitas
3. Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam industri dan sektor yang diminati
4. Jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang



Sementara bagi yang tertarik ikut studi independen bersertifikat, simak apa manfaatnya berikut ini.
1. Ilmu praktis dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri
2. Kesempatan untuk masuk ke dalam jalur karier yang diinginkan
3. Pengalaman mengimplementasikan ilmu sesuai standar industri
4. Berjejaring dengan pihak yang relevan dengan karier pilihanmu.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1396 seconds (11.97#12.26)