Mercu Buana Gelar Pelatihan Ms Powerpoint untuk Ratusan Guru Wilayah Jakarta Barat

Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:11 WIB
loading...
Mercu Buana Gelar Pelatihan Ms Powerpoint untuk Ratusan Guru Wilayah Jakarta Barat
UMB kembali mengadakan PPM pelatihan pemanfaatan fitur storyboard pada Ms Powerpoint untuk guru wilayah Jakarta Barat. Foto/Dok/UMB
A A A
JAKARTA - Universitas Mercu Buana ( UMB ) Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, kembali mengadakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Yaya Sudarya Triyana, Phd, mengatakan, program ini merupakan kesinambungan kegiatan yang telah terlaksana sejak 2021. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah 'Pelatihan Pemanfaatan Fitur Storyboard pada Ms Powerpoint untuk Guru Wilayah Jakarta Barat'.



"Proses pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan media Zoom dengan waktu pelatihan dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Dengan peserta yang ikut serta kurang lebih sebanyak 100 guru sekolah dari wilayah Jakarta Barat," kata Yaya Sudarya dalam keterangan pers, Jumat (14/1/2021).

Menurutnya, Ms Powerpoint merupakan perangkat yang sering digunakan untuk menyampaikan materi oleh para Guru sekolah. Namun, terkadang penyampaiannya hanya menggunakan teks sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh.

Secara defaultnya, lanjut dia, Ms Powerpoint sudah menyediakan fitur untuk melakukan animasi, memasukan suara dan mengkonversi menjadi video. Fitur-fitur ini sangat membantu para guru menyampaikan materinya secara lebih interaktif sehingga siswa akan lebih tertarik untuk membaca, melihat, dan mendengarkan materi yang disampaikan.



Permasalahan yang dihadapi adalah ketika para guru harus membuat materi baru tetapi menggunakan asset (icon, style, images) dari materi yang sudah pernah di buat. Permasalahan yang terkadang timbul adalah lupa menyimpan di mana icon dan images tersebut atau harus mensetup ulang style yang pernah di buat.

"Storyboard merupakan fitur dari Ms Powerpoint yang bisa membantu kita untuk menjadikan assets yang dibutuhkan menjadi suatu template di mana ketika dibutuhkan tinggal dipanggil dari Ms Powerpoint, sehingga tidak diperlukan untuk mencari ke mana-mana," terangnya.

Dia melanjutkan, sebelum menggunakan program ini, fitur storyboard perlu terlebih dahulu diaktifkan dengan menginstal Team Foundation Server Office yang bisa di download secara gratis di https://my.visualstudio.com/Downloads.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)