Mahasiswa UNY Ciptakan Dompet Pintar dari Serat Pelepah Pisang

Senin, 17 Januari 2022 - 18:57 WIB
loading...
Mahasiswa UNY Ciptakan Dompet Pintar dari Serat Pelepah Pisang
Dompet Dompi karya mahasiswa UNY. Foto/Tangkapan Layar laman UNY
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat dompet pintar yang dilengkapi dengan sistem pengaman yang akan memberi informasi jika terpisah dari pemiliknya. Menariknya, dompet ini terbuat dari serat pelepah pisang.

Tindak kejahatan seperti pencurian, pencopetan, dan perampokan banyak juga yang menjadikan dompet sebagai sasaran dengan memanfaatkan kelengahan pemiliknya. Menyikapi hal itu, sekelompok mahasiswa UNY pun membuat dompet yang dilengkapi dengan sistem pengaman yang akan memberi informasi kepada pemilik apabila dompet tersebut terpisah lebih dari 10 meter dari pemiliknya.

Uniknya, dompet tersebut terbuat dari serat pelepah pisang yang diberi motif huruf Jawa. Mereka adalah Asni Muslimah dari Prodi Pendidikan Teknik Busana, Annisa Nurfatimah Febrianti dari Prodi Pendidikan Akuntansi, Annisa Alimah Ufairoh dari Prodi Pendidikan Fisika, Latifah Nur Khasanah dari Prodi Pendidikan Kimia, dan Atiqotul Maula Al Farihah dari Pendidikan Sosiologi.

Menurut Asni Muslimah, mereka membuat dompet pintar ini karena pengguna dari alat penyimpan ini sangat tinggi. “Kami gunakan pelepah pisang karena selama ini hanya menjadi limbah dan mengotori lingkungan," kata Asni, dilansir dari laman resmi UNY, uny.ac.id, Senin (17/1/2022).



Selain itu untuk meningkatkan minat masyarakat, Asni membuat dompet dengan corak huruf aksara Jawa. Selain memperkenalkan budaya bangsa, mereka juga ingin meningkatkan pengetahuan tentang aksara Jawa.

Annisa Nurfatimah Febrianti menambahkan, selain motif aksara Jawa, mereka juga menambahkan motif sains untuk menarik perhatian para saintis dan memberi edukasi terhadap masyarakat. Hal ini pun menambah nilai keunikan dari dompet yang diinovasikan.

Annisa Alimah Ufairoh mengatakan, teknologi yang digunakan didesain dengan module bluetooth yang bisa disebut sensor jarak. "Kami pilih nama dompet pintar atau disingkat Dompi agar akrab di telinga masyarakat,”" katanya.

Produk ini dibuat sebagai usaha kreatif pelestarian budaya dan usaha mengangkat budaya lokal. Bahan yang diperlukan yaitu Module Bluetooth HC-05, Arduino UNO, PCB, kabel penghubung, kapasitor, buzzer, resistor, baterai lithium, timah solder, pin charger dan push button.

Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah solder, Software IDEA, Aplikasi Arduino dan Bluetooth Simple. Cara merakitnya, bahan dirangkai pada PCB kemudian mengatur kode pemrograman pada aplikasi IDEA dan membungkus sensor dengan kotak agar aman dan terlihat rapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)