Ini 6 Tips Sukses Seleksi CV Applicant Tracking System

Rabu, 19 Januari 2022 - 12:10 WIB
loading...
Ini 6 Tips Sukses Seleksi CV Applicant Tracking System
Mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Curriculum vitae (CV) Applicant Tracking System (ATS) merupakan salah satu tahapan dalam proses rekrutmen pegawai maupun seleksi penerima beasiswa luar negeri.

CV ATS penting kaitannya dalam menggambarkan profil singkat seseorang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun, masih banyak masyarakat terutama mahasiswa dan alumni yang belum memahami secara benar dan mendalam bagaimana CV ATS yang baik dan benar.



Untuk itu, Dit. Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair) beberapa waktu yang lalu bekerja sama dengan Wall Street English mengelar webinar “CV ATS Friendly Making”.

Webinar itu membagikan tips menyusun CV ATS yang baik dan benar yang dibawakan oleh Ryan Blasczyk.

Ryan menyampaikan, ada sebanyak enam tips dalam menyusun CV ATS. Tips pertama yaitu mengajukan CV ATS sesuai dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.



“Kalau latar belakang kalian seorang guru kemudian mendaftar pekerjaan tertentu seperti dokter, maka secara langsung pada tahap CV ATS kalian tidak akan lolos karena tidak sesuai dengan kualifikasi persyaratan yang dibutuhkan,” jelasnya melansir laman resmi Unair di unair.ac.id, Rabu (19/1/2022).

Tips kedua, gunakan bahasa atau penggunaan kata yang benar. Sebab, penggunaan kata yang benar secara otomatis teks yang diajukan lebih mudah terbaca. Ketiga, jika mengajukan pekerjaan tertentu, pastikan kata kunci yang tertera di dalam resume atau CV sudah sesuai dengan pekerjaan yang dituju.

“Karena sebagian banyak pelamar pekerjaan melamar banyak pekerjaan, padahal harusnya dia berfokus pada satu pekerjaan yang ia tekuni untuk meyakini perusahaan atau tempat ia melamar pekerjaan itu,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)