Ini Besaran Gaji Lulusan Teknik Geodesi Capai Rp50 Juta per Bulan

Rabu, 19 Januari 2022 - 13:37 WIB
loading...
Ini Besaran Gaji Lulusan Teknik Geodesi Capai Rp50 Juta per Bulan
Jurusan Teknik Geodesi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Geodesi merupakan jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu kebumian tertua yang terkait erat dengan lingkungan fisik bumi. Misalnya, seperti masalah banjir Sungai Nil di Mesir Kuno, hingga masalah pemantauan gerakan kerak bumi.

Jurusan ini memang belajar tentang kebumian yang di mana banyak yang berpikir bahwa jurusan ini masuk ke dalam cabang Ilmu Soshum. Banyak juga yang tidak tahu dan mempertanyakan jurusan teknik kok yang dipelajari sejarah? Padahal jurusan ini lebih fokus ke pengukuran, seperti pengukuran wilayah daratan, laut, dan sebagainya.



Jurusan geodesi ini tidak hanya memuat unsur geografi dan geologi saja, tapi juga memerlukan kemampuan analisis dan logika untuk melakukan pengukuran sebagai penerapan disiplin ilmu matematika terapan. Tentu yang namanya jurusan Teknik tidak lepas dengan yang namanya perhitungan.

Peluang karier yang dapat kalian peroleh setelah lulus dari jurusan ini cukup luas, apalagi bagi kalian yang suka bekerja di lapangan. Kamu juga bisa bekerja berdampingan dengan jurusan teknik lainnya, seperti teknik sipil di mana kalian akan bekerja sama untuk melakukan pembangunan infrastruktur, seperti trowongan, jembatan, jalanan, dan lain-lain.

Selain itu, prospek kerja lain yang bisa kalian peroleh adalah dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah, seperti Badan informasi Geospasial, Badan Pertahanan Nasional, dan sebagainya. Kalian juga dapat bekerja di Lembaga riset seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, ahli Geodesi, institusi TNI, dan masih banyak lagi.



Gaji kerja yang dapat kamu peroleh juga sangat menjanjikan mengingat pekerjaan yang dilakukan cukup berat dan sulit dilakukan. Gaji kalian akan sesuai dengan pekerjaan dan perusahaan yang kamu pilih. Dilansir dari itb.ac.id, ternyata banyak perusahaan yang mencari Teknik Geodesi dan menawarkan gaji yang beragam.

1. Gaji Rp3 Juta–Rp5 Juta
Kalian dapat memperoleh gaji Rp3 juta–Rp5 juta di berbagai perusahaan, seperti Badan Informasi Geospasial, Dinas Bina Marga, Dinas Tata Kota dan Bangunan, Tenaga Pengajar, Dinas Topografi Angkatan Darat, dan masih banyak lagi.

2. Gaji > Rp6 Juta
Gaji Rp6 juta bahkan lebih dapat kamu peroleh di berbagai institusi seperti Lembaga Penerbangan, dan Antariksa Nasional, Badan Pertahanan Nasional.

3. Gaji Rp10-Rp20 Juta
Bekerja di Direktorat Pajak Bumi dan Bangunan dapat memberikan kamu peluang untuk memperoleh gaji hingga belasan juta rupiah tergantung tingkatan jabatan yang kamu miliki. Direktorat ini berdiri di bawah Kementrian Keuangan RI.

4. Gaji Rp20-Rp50 Juta
Seperti yang sudah diketahui bahwa bekerja di perusahaan tambang merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati karena mempunyai peluang memperoleh gaji yang sangat tinggi dibanding bidang pekerjaan lainnya.

Bekerja di Perusahaan Pertambangan juga dapat memberikan kesempatan untuk para lulusan Teknik Geodesi, dan memberikan kehidupan dengan kondisi finansial yang mapan. Gaji yang bisa kamu peroleh bisa dimulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah.

Itulah berbagai gaji yang dapat kamu peroleh ketika menjadi lulusan Teknik Geodesi, itu hanya rata-rata gaji yang dapat kamu peroleh, tentu kamu bisa memperoleh gaji lebih dari di atas, tapi ketika kamu ingin mendapat gaji atau upah yang tinggi diperlukan usaha dan kerja keras untuk memperolehnya.

Sebagai fresh graduate kamu harus mau belajar dan terus gigih bekerja agar bisa menduduki posisi atau jabatan yang memberikan gaji pokok yang besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.

(MG04-Bunaya Putri Zulfikar)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)