Prospek Kerja Menjanjikan bagi Lulusan Fakultas Perikanan, Gaji Menggoda

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:25 WIB
loading...
Prospek Kerja Menjanjikan bagi Lulusan Fakultas Perikanan, Gaji Menggoda
Mahasiswa Jurusan Perikanan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Prospek kerja menjanjikan bagi lulusan Fakultas Perikanan , Gaji menggoda dan peluang kerja juga cukup luas. Sangat cocok bagi mahasiswa perikanan yang sedang mencari kerja. Dilansir dari fpik.unpad.ac.id, Fakultas atau jurusan perikanan merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengelolaan, budidaya ikan konsumsi maupun ikan hias, mencegah dan menangani penyakit ikan, mengelola perairan, menformulasikan pakan, dan sebagainya.

Masih banyak pemikiran orang yang beranggapan bahwa jurusan perikanan itu tidak begitu menjanjikan pekerjaannya, atau mikir bahwa masuk ke fakultas perikanan kelak hanya akan menjadi tukang ikan. Mereka tidak tahu bahwa program studi perikanan mempelajari berbagai hal, mulai dari teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk, hingga manajemen bisnis untuk ekspor dan mempelari cara meningkatkan nilai ekonomis dari limbah perikanan.



Hal-hal di atas tentu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dipelajari, perlu adanya bimbingan, ilmu, dan praktik. Ilmu yang dipelajari begitu luas, membuka sudut pandang baru mengenai dunia perikanan.

Prospek kerja untuk lulusan perikanan juga tidak kalah luas dengan jurusan lainnya. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk menjadi ahli perikanan karena di Indonesia masih sangat jarang orang yang menjadi ahli dalam bidang ini.

Mahasiswa, yuk simak prospek kerja menjanjikan bagi lulusan fakultas perikanan:

1. Peniliti
Prospek kerja setelah lulus menjadi Sarjana Perikanan tentu kalian dapat memperoleh kesempatan untuk menjadi seorang peneliti. Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang gemar melakukan research atau penelitian di bidang perikanan.

Menjadi seorang peneliti atau ilmuwan merupakan suatu kebanggan tersendiri, hasil penelitian yang kamu lakukan bisa bermanfaat di kemudian hari untuk kemajuan pengetahuan di bidang perikanan.

2. Perusahaan Perikanan
Bekerja di perusahaan perikanan tentu salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi kamu lulusan Fakultas Perikanan. Dengan ilmu yang kamu miliki kamu dapat mengembangkan hasil produksi ikan di perusahaan. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan sebelah mata, kamu dapat memperoleh gaji mulai dari Rp3 juta ke atas.

3. BPOM
Sebagai lulusan perikanan, kamu juga dapat bekerja sebagai pegawai negeri di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Gaji yang dapat kamu peroleh sekitar Rp5 juta.

4. PNS
Menjadi PNS tentu merupakan keinginan untuk banyak orang, karena dianggap menjadi PNS sangat menjanjikan untuk kehidupan mendatang apalagi untuk masa-masa tua karena meski sudah pensiun, kalian bakal terus digaji. Jurusan perikanan juga dapat menjadi PNS dengan terjun beberapa bidang seperti pengawas perikanan, staff administrasi, manajemen, dan lain-lain.

Kamu dapat memperoleh gaji hingga Rp7 juta, beserta tunjangan-tunjangan lainnya yang dapat menambah penghasilanmu.

5. Aparatur Sipil Negara (ASN)
Bekerja menjadi Aparatur Sipil Negara juga menjadi incaran masyarakat, karena selain mendapat gaji, kamu juga akan mendapat tunjangan, fasilitas rumah dan kendaraan dinas (dengan syarat dan ketentuan), serta kehidupan masa tua telah dijamin oleh negara.

Kalian dapat terjun di Kementrian, Pemprov, dan Pemkab. Di kementerian, bisa masuk di bidang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

6. Konsultan
Lulusan Perikanan juga dapat mempunyai peluang kerja menjadi konsultan, di mana setiap bidang pekerjaan perlu adanya tenaga profesional seperti konsultan untuk mengarahkan dan menyediakan jasa penasihat.

Sebagai Konsultan Perikanan kamu dapat memberikan konsultasi terkait budidaya perikanan, jasa analisis ekosistem, dan lain-lain. Gaji yang dapat kalian peroleh bisa mencapai lebih dari Rp6 Juta.

(MG04-Bunaya Putri Zulfikar)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5338 seconds (0.1#10.140)