Unpad Bersiap Gelar Pembelajaran Hybrid Semua Perkuliahan

Kamis, 20 Januari 2022 - 22:00 WIB
loading...
Unpad Bersiap Gelar Pembelajaran Hybrid Semua Perkuliahan
Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti meninjau persiapan Unpad menuju pembelajaran hybrid. Foto/tangkapan layar laman Unpad
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Padjadjaran ( Unpad ) Prof. Rina Indiastuti meninjau fasilitas kelas hybrid di kampus Fakultas Farmasi dan Fakultas Hukum. Peninjauan ini dilakukan guna memastikan sejauh mana fakultas di Unpad siap menyelenggarakan pembelajaran hybrid.

“Kita ingin memastikan fasilitas siap dan bagaimana pembiasaan protokol kesehatan dilakukan,” ujar Rektor melansir laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (20/1/2022).



Rektor menjelaskan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas untuk kegiatan praktikum sejak Oktober 2021 lalu dinilai berhasil dilaksanakan. Sivitas akademika dan tenaga kependidikan telah terbiasa melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berbekal pembiasaan tersebut, Unpad optimistis untuk membuka kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas lebih luas pada semester genap 2021/2022 Februari mendatang. Pembukaan kampus tidak hanya untuk kegiatan praktikum saja. Kegiatan perkuliahan lainnya akan dicoba dikembangkan dengan sistem hybrid.

“Targetnya tahun akademik 2022/2023 kita akan mungkin membuka secara hybrid untuk semua perkuliahan,” kata Rektor saat diwawancarai usai melakukan peninjauan.



Selain memperkuat protokol kesehatan, metode pembelajaran pun mulai dibiasakan melakukan kombinasi luring dan daring. Dosen harus dibiasakan mengajar di dua ruang tersebut.

Metode hybrid ini akan menjadi era baru pembelajaran di kampus. Metode ini nantinya akan diterapkan tidak hanya ketika situasi pandemi. Pascapandemi, mahasiswa tetap akan mengikuti perkuliahan secara hybrid.

“Kalau pandemi semakin turun, mahasiswa semua boleh masuk kampus, tetapi mereka boleh memilih kelas fisik atau sebagian memilih kuliah di luar kelas. Kita akan buat ruangan-ruangan yang memungkinkan mahasiswa online dari kampus,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)