MGMP PAI SMA Jateng Launching Perangkat Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama

Kamis, 20 Januari 2022 - 22:57 WIB
loading...
MGMP PAI SMA Jateng Launching Perangkat Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama
MGMP PAI SMA Jawa Tengah melaunching perangkat pembelajaran inspirasi PAI SMA berbasis moderasi beragama dan profil pelajar pancasila. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA Jawa Tengah melaunching perangkat pembelajaran inspirasi PAI SMA berbasis moderasi beragama dan profil pelajar pancasila.

Launching tersebut bersamaan dengan seminar online Bertema 'Merancang Pembelajaran PAI Berbasis Moderasi Beragama dan Profil Pelajar Pancasila' pada Sabtu, 15 Januari 2022.



Ketua MGMP PAI SMA Jawa Tengah Hery Nugroho mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar dari Bidang Pengembangan Perencanaan Pembelajaran MGMP PAI SMA Jawa Tengah dalam merespon kebijakan dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hery mengatakan,kebijakan yang bagus harus dirancang dengan baik, sehingga dalam pelaksanaan akan mendapatkan hasil yang baik pula. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan dari banyak guru PAI yang bertanya tentang perangkat pembelajaran berbasis moderasi beragama dan profil pelajar Pancasila.

"Meskipun begitu, perangkat ini adalah inspirasi bagi MGMP PAI Kabupaten/Kota dan guru PAI yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing,” kata Hery Nugroho dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Kamis (20/1/2022).



Ketua Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah Amir Mahmud menyampaikan, apresiasi yang sebesar-besarnya dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. MGMP PAI SMA Provinsi Jawa Tengah juga telah merancang berbagai program sebelumnya, di antaranya media pengembangan guru PAI khususnya di Jawa Tengah dan guru PAI di Indonesia pada umumnya.

"Kegiatan ini memberikan kontribusi besar bagi Guru PAI karena mereka nantinya akan dapat menyusun RPP yang berbasis moderasi beragama dan profil pelajar Pancasila," terangnya.

Salah satu narasumber webinar Mudawamah mengatakan, seorang guru sudah seharusnya dapat menciptakan proses pembelajaran dengan konsep profil pelajar Pancasila yang moderat. Di mana indikator profil pelajar Pancasila ada enam yakni beriman bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong dan bernalar Kritis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3592 seconds (0.1#10.140)