Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Bisa Menjadi Pilihan Melanjutkan Studi

Minggu, 23 Januari 2022 - 09:29 WIB
loading...
Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Bisa Menjadi Pilihan Melanjutkan Studi
Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Foto/Dok/IPDN
A A A
JAKARTA - Bagi para lulusan SMA dan sederajat pilihan untuk melanjutkan studi itu tidak hanya terbatas ke perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS) saja. Ada satu pilihan lagi yang tidak boleh dilewatkan yakni mendaftar ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh institusi pemerintah. Seperti STAN yang dikelola Kementerian Keuangan, IPDN yang dikelola Kementerian Dalam Negeri hingga STSN yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara.

Baca juga: Selain PNS, Ini Peluang Kerja Lulusan STIP Jakarta di Perusahaan Internasional

Jurusan yang disediakan di sekolah kedinasan itu bervariasi. Misalnya, jika suka dengan bidang kemaritiman bisa saja mendaftar ke STIP Jakarta. Atau jika ingin menjadi tenaga profesional di bidang perhubungan bisa mendaftar ke beberapa sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan.

Namun sama halnya dengan memilih jurusan di kampus negeri atau pun swasta, sesuaikan pilihan sekolah kedinasan dengan minat dan bakat masing-masing agar bisa mencapai hasil maksimal selama menempuh studi.

Baca juga: Tertarik Jadi PNS, Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat di 2021



Melansir laman Ruangguru di ruangguru.com. berikut ini delapan sekolah kedinasan yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi setelah lulus SMA/SMK.

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)
PKN STAN adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. Dulunya, sekolah ini dikenal dengan nama STAN sampai akhirnya pada tahun 2015, STAN secara resmi berubah nama menjadi PKN STAN.

Sekolah yang berlokasi di Bintaro Jaya, Banten ini memiliki 4 jurusan yang bisa dipilih bagi kalian yang tertatik di bidang keuangan negara.
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3034 seconds (11.210#12.26)