Tertarik Jadi PNS, Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat di 2021

Kamis, 20 Januari 2022 - 14:35 WIB
loading...
Tertarik Jadi PNS, Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Sepi Peminat di 2021
Politeknik Imigrasi (Poltekim). Foto/Dok/Poltekim
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui KemenPAN RB menyatakan jika tahun ini rekrutmen CPNS hanya akan dibuka melalui skema sekolah kedinasan. Keputusan ini pun menjadi informasi penting bagi siswa yang ingin menempuh studi di berbagai sekolah kedinasan di seluruh Indonesia.

Sama halnya dengan proses penerimaan di perguruan tinggi negeri , setiap tahunnya masyarakat berbondong-bondong mendaftar ke berbagai sekolah kedinasan yang dikelola institusi pemerintah.



Tidak heran tingkat persaingan di sekolah kedinasan pun tinggi karena salah satu yang membuat masyarakat tertarik adalah lulusannya bisa menjadi CPNS.

Menjadi CPNS memang masih menjadi profesi dambaan masyarakat tanah air. Adanya kesejahteraan yang menjanjikan melalui gaji dan juga tunjangan pensiun menjadi keunggulan PNS.

Pada 2021, pemerintah membuka pendaftaran jalur sekolah kedinasan. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 9-30 April 2021. Ada delapan instansi pembina sekolah kedinasan yang membuka rekrutmen.



Yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Proses pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan melalui satu portal https://sscasn.bkn.go.id. Selain itu, pendaftar hanya bisa melamar pada satu sekolah kedinasan.

Tahun lalu, SINDOnews.com memberitakan dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga Jumat, 30 April 2021 pukul 02.00 WIB sudah ada 273.733 yang membuat akun SSCASN. Dari jumlah tersebut, baru 206.781 pelamar yang sudah memilih sekolah kedinasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)