Sekolah Vokasi IPB University Kenalkan Industri ke Mahasiswa

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB
loading...
Sekolah Vokasi IPB University Kenalkan Industri ke Mahasiswa
IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - IPB University menilai penting keberadaan Teaching Factory (Tefa) sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mengenal industri sekaligus kebaruan teknologi yang tersedia.

Hal ini diungkapkan Rektor IPB University Prof Arif Satria dalam kegiatan Peresmian Student Center dan Precision Horticulture Sekolah Vokasi (SV) IPB University sekaligus Groundbreaking Teaching Factory, yang dinamai Gedung Epsilon.



Menurut Prof Arif, kehadiran Tefa penting bagi kompatibilitas antara pendidikan dengan industri. Dengan cara ini, pendidikan mampu up to date, sesuai dengan perkembangan zaman. Pun Sekolah Vokasi IPB University saat ini terus memperkaya fasilitas teaching factory di kampus.

“Kita ingin lulusan vokasi ketika masuk ke industri, apa yang dihadapi sama. Mahasiswa yang kuliah di vokasi, dengan fasilitas Tefa yang smart ini, begitu lulus, tidak kaget. Tefa bertujuan mengenalkan industri kepada mahasiswa dan menghadirkan aura industri di dunia kampus,” ujar Prof Arif Satria.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto menerangkan, Tefa merupakan wahana pembelajaran untuk kegiatan pendidikan, inovasi dan riset. Baik bagi mahasiswa, dosen maupun mitra industri.



"Teaching Factory SV IPB University akan terus berkembang, karena sifatnya multi discipline approach. Ini satu kebanggaan kami. Dan ini melengkapi learning center yang ada IPB University saat ini," terangnya.

Menurutnya, IPB University sendiri saat ini memiliki banyak learning center di berbagai daerah. Di antaranya Kebun Percobaan Cikabayan, Sadifa Farm, Sabisa Farm, Agribusiness Technology Park, Kebun Percobaan Sukamantri untuk Tanaman Hias, Kebun Percobaan Pasir Sarongge, dan yang terluas terletak di Jonggol, bernama IPB-Jabar Innovation Valley.

"Mudah-mudahan dengan perkembangan sarana praktek ini bisa memberikan motivasi untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan, riset dan inovasi, serta menghasilkan income generating bagi institusi," sebut Dr Arief.

Selain meresmikan Greenhouse Precision Horticulture dan Student Center, Rektor IPB University juga berkesempatan mengunjungi Teaching Factory yang tersedia di Sekolah Vokasi IPB University.

Antara lain Greenhouse Precision Aquaculture dan E-Fisheries, V-Garden, Lab Culinary/Kitchen Studio dan Klinik Hewan Sekolah Vokasi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)