Siswa IPS Bisa Masuk 4 Sekolah Kedinasan Ini, Lulus Otomatis PNS

Senin, 24 Januari 2022 - 19:19 WIB
loading...
Siswa IPS Bisa Masuk 4 Sekolah Kedinasan Ini, Lulus Otomatis PNS
Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Foto/Dok/IPDN
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi kedinasan menjadi salah satu pilihan favorit pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tidak ayal, tingkat persaingan seleksi sekolah kedinasan setiap tahunnya semakin ketat karena jumlah pendaftar tidak sebanding dengan kuota yang tersedia.

Pada 2021 lalu, seleksi sekolah kedinasan dibuka untuk sekolah-sekolah kedinasan di bawah koordinasi delapan instansi pemerintah. Pendaftaran yang dilakukan secara online pun membludak.

Baca juga: Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Bisa Menjadi Pilihan Melanjutkan Studi

Persyaratan pun dibuat ketat untuk menyaring putra putri terbaik bangsa untuk dididik di sekolah kedinasan ini. Mulai dari seleksi kompetensi dasar, batasan usia, persyaratan fisik seperti tinggi badan dan kesehatan mata hingga jurusan.

Ada beberapa sekolah kedinasan yang secara spesifik hanya menerima jurusan IPA. Namun ada juga sekolah kedinasan yang membuka calon pendaftar dari semua jurusan baik IPA, IPS dan juga lulusan SMK.

Bagi kalian siswa jurusan IPS yang ingin menuntut ilmu di sekolah kedinasan, berikut ini informasi mengenai 3 sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihan yang dikutip dari masing-masing laman resminya.



Baca juga: Selain PNS, Ini Peluang Kerja Lulusan STIP Jakarta di Perusahaan Internasional

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Siswa jurusan IPS pastinya tidak akan melewati IPDN sebagai tujuan menempuh studi di sekolah kedinasan. Tidak heran jika di setiap seleksi sekolah kedinasan jumlah pelamar ke IPDN selalu tertinggi.

IPDN memiliki tiga fakultas yang masing-masing menyelenggarakan berbagai program studi di kampus yang berpusat di Jatinangor, Jawa Barat ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2330 seconds (10.101#12.26)