UNS Buka Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan

Rabu, 26 Januari 2022 - 20:36 WIB
loading...
UNS Buka Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi membuka Program Studi (Prodi) baru bagi mahasiswa yang tertarik menjadi bidan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta resmi membuka Program Studi (Prodi) baru bagi mahasiswa yang tertarik menjadi bidan. Yaitu Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan (S1 Kebidanan bundling Profesi Bidan).

Pendirian Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran (FK) UNS ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 48/UN27/HK/2022 tertanggal 13 Januari 2022.



Humas Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNS Nurul Jannatul Wahidah mengatakan, prodi ini merupakan pengembangan Prodi yang dulunya adalah DIV Kebidanan.

Sejak 2021, DIV Kebidanan FK UNS sudah tidak menerima mahasiswa baru lagi dan pada 2022 ini sudah resmi menjadi Sarjana Kebidanan.

“Pada tahap sarjana ditempuh selama 8 semester dengan beban 147 SKS mendapat gelar “S.Keb” dan tahap profesi ditempuh dalam 2 semester dengan beban 36 SKS dengan gelar “Bd”,” katanya melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Rabu (26/1/2022).



Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan mempunyai visi yaitu menjadi institusi pendidikan kebidanan bereputasi internasional, menghasilkan lulusan sarjana dan profesi bidan yang kompeten, unggul dalam pemanfaatan teknologi pada lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Visi tersebut juga tertuang pada misi Prodi yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan sarjana dan profesi bidan yang kompeten dan unggul di bidang pemanfaatan teknologi lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Lalu mengembangkan penelitian di lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas. Kemudian menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bersinergi dengan multidisiplin ilmu di lingkup kesehatan ibu dan anak berbasis komunitas.

Prodi ini juga memiliki misi menyelenggarakan tata kelola Prodi yang berkualitas berbasis good governance serta menyelenggarakan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan institusi dalam dan luar negeri.

“Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan mulai menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023,” imbuhnya.



Kemudian untuk jalur seleksi masuk Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan ini dapat melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri UNS.

“Untuk informasi terkait pendaftaran dapat di akses di laman SPMB UNS,” ujar Nurul.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)