Intip Kisah Perjuangan Alumnus FISIP UNS yang Sukses Berkarier di Boeing

Rabu, 26 Januari 2022 - 22:03 WIB
loading...
Intip Kisah Perjuangan Alumnus FISIP UNS yang Sukses Berkarier di Boeing
Alumnus FISIP UNS Veronica W.R Andrews. Foto/tangkapan layar laman UNS
A A A
JAKARTA - Salah satu alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta Veronika W.R Andrews menceritakan kisah hidupnya dalam menapaki karier professional. Wanita asal Solo itu kini sukses berkarier di Boeing.

Pada kuliah tamu Success in The West: The Journey, The Struggles, The Failures, The Victories, sebagai lulusan ilmu sosial, tidak pernah terbersit sekalipun di benaknya berkarier di perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Namun, jalan hidupnya yang penuh lika-liku mengantarkan Veronika di posisi saat ini sebagai Project Manager di Boeing Commercial Airplanes.



Veronika memulai karier di industri perhotelan di Bandung. Selepas merampungkan studi di FISIP UNS pada 1989, Vero, sapaan akrabnya, langsung merantau ke Bandung. Vero dipercaya menjadi manajer di salah satu hotel internasional di Bandung.

Hotel tempat bekerja Vero saat itu banyak memiliki tamu ekspatriat. Vero yang kala itu pintar berbahasa Inggris kemudian dipercaya sejumlah tamunya untuk mengajar anak-anak mereka. Hal ini membuat Vero senang karena dia dapat uang tambahan untuk membiayai keluarganya di Surakarta, Jawa Tengah.

Hidup Vero cukup berubah saat dirinya menikah dengan suami yang berkebangsaan Amerika Serikat. Pertama pindah ke Amerika, Vero merasakan culture shock . Selain kebudayaan yang sangat berbeda dengan Indonesia, Vero juga merasakan kesenjangan dalam hal bahasa.



“Saat pindah ke Amerika, bahasa Inggris saya tidak cukup ternyata. Orang di sana bicaranya sangat cepat sehingga saya tidak mengerti. Kemudian saya memutuskan harus mulai belajar bahasa Inggris lagi supaya dapat menyesuaikan atau beradaptasi di sana,” katanya melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Rabu (26/1/2022).

Setelah dapat menyesuaikan diri perihal bahasa, Vero mencari-cari pekerjaan di Amerika. Selagi suaminya bekerja di Boeing, Vero sempat menjalankan berbagai pekerjaan sekaligus saat awal.

Perempuan kelahiran Surakarta ini sempat menjalani profesi sebagai computer lab assistant, pembersih rumah orang kaya, hingga menjadi pengajar anak-anak di malam hari. Vero juga pernah menjadi travel agent dan asisten dokter gigi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)