Beasiswa Fulbright Amerika Serikat S2 dan S3, Ini Syarat dan Cara Daftar

Minggu, 30 Januari 2022 - 20:42 WIB
loading...
Beasiswa Fulbright Amerika Serikat S2 dan S3, Ini Syarat dan Cara Daftar
Harvard University Amerika Serikat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beasiswa Fulbright Amerika Serikat (AS) 2022 kembali dibuka untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi jenjang magister (S2) dan doktoral (S3) di Negeri Paman Sam. Beasiswa Fulbright akan membiayai pendidikan penerimanya secara penuh atau fully funded.

Keuntungan bagi penerima beasiswa Fulbright adalah pembiayaan penuh selama studi, mulai dari keberangkatan, uang saku selama kuliah, biaya visa, dana kuliah, asuransi kesehatan, hingga dukungan akademis tambahan lainnya. Bahkan, jika pelamar lolos seleksi dokumen (masih belum lolos beasiswa), biaya perjalanan untuk wawancara ke Jakarta akan dibiayai oleh sponsor.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Apabila pelamar berasal dari Semarang, kemudian ia lolos seleksi dokumen serta dipanggil untuk wawancara beasiswa Fulbright ke Jakarta, tiket perjalanan pulang pergi (PP) dari Semarang-Jakarta pun akan ditanggung oleh AMINEF.

Akan tetapi, selama pandemi Covid-19, pelaksanaan wawancara beasiswa Fulbright dilakukan secara daring melalui aplikasi telekonferensi untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Tertarik Beasiswa Penuh ke Universitas Terbaik Thailand, Cek Syarat dan Jadwalnya

Jika pelamar diterima beasiswa Fulbright, ia akan memperoleh sejumlah fasilitas lainnya mencakup:
- Dukungan visa J-1 (Visa non-imigran untuk pelajar, akademisi, dan lainnya)
- Tiket pesawat kelas ekonomi untuk pulang-pergi dari Indonesia ke Amerika Serikat. - Dana untuk biaya perkuliahan, biaya hidup, biaya buku, dan biaya profesional lainnya.
- Asuransi kecelakaan dan kesehatan sesuai dengan aturan Pemerintah AS.

Selain Indonesia, pemerintah AS juga menawarkan beasiswa Fulbright kepada lebih dari 155 negara di dunia. Orang-orang yang mendaftar Fulbright akan bersaing dengan para pelajar internasional lainnya.

Akan tetapi, setiap negara memiliki kuota penerima beasiswa Fulbright masing-masing. Kendati demikian, laman Rollins menuliskan bahwa kemungkinan diterima beasiswa Fulbright hanya sekitar 20 persen karena persaingannya yang sangat ketat.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Fulbright 2022
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2192 seconds (10.55#12.26)