Teliti Masyarakat Ekonomi Perdesaan, Profesor UIN Jakarta Diganjar AIS Award 2021

Selasa, 01 Februari 2022 - 14:07 WIB
loading...
Teliti Masyarakat Ekonomi Perdesaan, Profesor UIN Jakarta Diganjar AIS Award 2021
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta. Foto/Dok/UIN
A A A
JAKARTA - Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta Profesor Amelia Fauzia bersama kolega risetnya dianugerahi The Association for Information Systems (AIS) Impact Award 2021 atau AIS Award 2021 dari The Association for Information Systems.

Anugerah diberikan setelah Amelia dan kolega melakukan riset aksi pemberdayaan pelaku usaha kecil dan menengah perempuan perdesaan melalui teknologi digital di tiga provinsi Indonesia.



Asosiasi menuturkan, pihaknya memberikan penghargaan kepada setiap individu dan komunitas yang telah bekerja keras mendidik, meneliti, dan melayani di sektor masing-masing.

“Para penerima penghargaan telah bekerja tanpa lelah untuk mendidik, meneliti, dan melayani sektor dimana masing-masing penerima terlibat dan berkontribusi di dalamnya,” puji Asosiasi sebagaimana dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Asosiasi menyebutkan, riset Amelia dan kolega lakukan adalah riset bertajuk Women Economic Empowerment thorugh Digital Technologies and Tolerance Values. Riset sepanjang 2018-2021 ini dilakukan dengan meneliti bagaimana penggunaan teknologi digital bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah perempuan di perdesaan di Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.



Riset didukung oleh sejumlah lembaga, terutama The Ford Foundation dan Kementerian Dalam Negeri RI. “Carmen Leong, Felix Ter Chian Tan, Amelia Fauzia dan Fithra Faisal telah berperan penting melakukan riset pemberdayaan pelaku usaha kecil menengah perempuan di kawasan pedesaan Asia melalui teknologi digital,” sebut Asosiasi lagi.

Selain Amelia dan kolega, Asosiasi memberikan penghargaan AIS Award 2021 bagi empat kelompok peneliti lain yang meriset penggunaan teknologi digital dalam berbagai sektor. Di antaranya Joe Valacich dan Jeff Jenkins atas program Neuro-ID Behavioral Analytics dan Edgar Whitley dan Roser Pujadas untuk proyek Consumemr Privacy Regulation pada UK Financial Services.

Sebagai informasi, Association for Information Systems (AIS) merupakan asosiasi internasional nirlaba, profesional bagi para sarjana sistem informasi yang didirikan pada 1994 dan berbasis di Atlanta, Geogia, Amerika Serikat. Secara rutin, Asosiasi juga menerbitkan jurnal, menyelenggarakan konferensi, dan menyediakan forum pertemuan bagi para profesor dan manajer sistem informasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)