6 Sekolah Kedinasan Paling Diminati, Lulus Langsung Kerja di Pemerintahan

Senin, 07 Februari 2022 - 16:50 WIB
loading...
6 Sekolah Kedinasan Paling Diminati, Lulus Langsung Kerja di Pemerintahan
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekolah Kedinasan bisa menjadi pilihan bagi para pelajar yang masuk ke dalam jenjang perguruan tinggi. Apalagi ketika lulus nanti, mahasiswa sekolah dinas bisa langsung bekerja di kantor pemerintahan yang memiliki sekolah kedinasan.

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2021, sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara dengan pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan.



Para mahasiswa sekolah dinas yang memiliki ikatan dinas nantinya ketika lulus akan bisa langsung bekerja di kementerian/badan/lembaga pemerintah yang menaunginya.

Berikut di antaranya sekolah kedinasan yang memiiki ikatan dinas dikutip dari berbagai sumber,

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

PKN STAN adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. Terdapat 4 jurusan yang bisa dipilih, yaitu jurusan Akuntasi DIII dan D-IV Akuntansi; Jurusan Pajak: D-III Pajak, D-III PBB/Penilai, dan Diploma I Pajak; Jurusan Kepabeanan dan Cukai: D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai; Jurusan Kepabeanan dan Cukai: D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai.



2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sesuai dengan namanya, IPDN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Gedung sekolah kedinasan itu tersebar di sejumlah daerah, yakni Jakarta, Sumbar, Sulsel, Sulut, NTB, Papua, Kalbar dan Riau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)