Pendaftaran Sekolah Kedinasan Segera Dibuka, Simak 7 Jenis Tes yang Wajib Dilewati

Senin, 07 Februari 2022 - 16:07 WIB
loading...
Pendaftaran Sekolah Kedinasan Segera Dibuka, Simak 7 Jenis Tes yang Wajib Dilewati
Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Foto/Dok/IPDN
A A A
JAKARTA - Pendaftaran sekolah kedinasan 2022 atau sekolah ikatan dinas sebentar lagi akan dibuka, yakni pada Maret-April setiap tahunnya. Jika kalian tertarik untuk berebut kursi, simak 7 jenis tes masuk sekolah ikatan dinas yang wajib kalian lewati.

Saat ini, mendaftar di sekolah kedinasan merupakan pilihan yang banyak diminati siswa lulusan SMA/SMK yang akan lulus pada 2022 ini. Sebab, lulusan sekolah kedinasan berpeluang menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN ) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai instansi pemerintah tanpa tes.



Selain itu, siswa yang masuk sekolah kedinasan akan mendapat dukungan biaya kuliah penuh, uang saku, hingga asrama selama masa pendidikannya.

Namun, untuk bisa lolos masuk sekolah kedinasan, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan belajar giat. Sebab, akan banyak pesaing dari seluruh Indonesia yang harus kalian taklukkan, agar terjaring sebagai salah satu siswa yang lolos seleksi.

Salah satu hal yang harus kalian kuasai adalah memahami jenis tes sekolah kedinasan yang umum dilaksanakan. Hal ini bisa jadi acuan dalam mempersiapkan diri sebelum berjuang dalam tes sekolah ikatan dinas.



Berikut 7 jenis tes yang biasanya dilaksanakan:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD adalah tes tahap pertama dalam ujian masuk sekolah kedinasan, yang terdiri dari terbagi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)