Kementan-SMK Kaderisasi Generasi Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian

Selasa, 08 Februari 2022 - 19:55 WIB
loading...
Kementan-SMK Kaderisasi Generasi Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian
Sejumlah siswa SMK mengikuti uji kompetensi keahlian pertanian di lahan pertanian hidroponik SMK setempat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Meningkatnya peran aktif generasi milenial di sektor pertanian semakin terlihat nyata dengan banyaknya lulusan SMK yang terjun ke sektor pertanian. Untuk itu, Kementerian Pertanian menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membekali para mentor dengan hibah kompetitif.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.



"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menuturkan pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda.

“Mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegasnya.



Untuk mendukung regenerasi petani melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kementerian Pertanian melalui SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) program YESS di Kalimantan Selatan, melaksanakan kegiatan sosialisasi Program YESS kepada seluruh komponen YESS yang berada di Kalimantan Selatan.

Kali ini kegiatan yang dilaksanakan di khususkan bagi mentor program Hibah Kompetitif (HK) di Kalsel. Sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari sejak Jumat, (4/2), di Hotel Best Western, Banjarmasin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)