Bagaimana Seharusnya Pendidikan Politik untuk Generasi Muda?

Selasa, 08 Februari 2022 - 09:49 WIB
loading...
Bagaimana Seharusnya Pendidikan Politik untuk Generasi Muda?
Pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang. Meskipun tidak punya rencana terjun di dunia politik atau pemerintahan, ada baiknya jika lebih banyak masyarakat yang melek politik. Karena banyak keputusan politik akan berpengaruh ke berbagai sendi kehidupan. Kesadaran politik pada masyarakat bisa dimulai dari generasi mudanya.

Politik dan Generasi Muda
Saat membahas politik dan generasi muda , seringkali kita berfokus hanya pada satu hal, yaitu partisipasi anak muda dalam pemilihan umum. Meskipun sebenarnya ada banyak lagi yang juga memiliki urgensi. Pertanyaannya adalah, bagaimana seharusnya pendidikan politik dilakukan?



Sebelum membahas tentang urgensi pendidikan politik untuk generasi muda, alangkah baiknya kita ingat kembali definisi tentang politik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), politik adalah;

1. (pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan);

2. segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain;

3. cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah).

Aspek politik dan generasi muda yang akan kita bahas kali ini adalah seperti poin (3) di atas. Politik pada pemahaman yang mendasar adalah menyangkut cara bertindak dalam berbagai situasi. Pada titik tertentu, kesadaran berpolitik generasi muda tidak lepas dari bidang-bidang yang menjadi ketertarikan individu. Dari ketertarikan itulah muncul kesadaran, dan akhirnya menjadi kontribusi yang bernilai.



Siapa Generasi Muda yang Dimaksud?
Generasi muda dalam hal ini kita fokuskan kepada generasi Z, yaitu mereka yang lahir antara tahun 1997 sampai 2012. Tahun lahir generasi Z ada beberapa versi, sebagaimana penggambaran generasi sebelumnya, yaitu generasi millennial yang juga ada beberapa versi rentang tahun kelahiran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)