FKOR UNS Gandeng MNC Portal Gelar Webinar Potensi ASEAN Para Games untuk Industri dan Pariwisata

Rabu, 09 Februari 2022 - 07:40 WIB
loading...
FKOR UNS Gandeng MNC Portal Gelar Webinar Potensi ASEAN Para Games untuk Industri dan Pariwisata
Webinar bertema Potensi ASEAN Para Games untuk Mendukung Industri dan Tourism yang digelar FKOR UNS dengan menggandeng MNC Portal Indonesia. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - ASEAN Para Games 2022 yang semula akan diadakan di Vietnam, awal tahun ini resmi dipindah di Indonesia. Kota Solo didapuk menjadi tuan rumah ajang olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di ASEAN tersebut. Perhelatan ini dinilai sangat berpotensi untuk mendukung industri dan pariwisata Solo.

Untuk membahas tentang potensi tersebut, Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta mengadakan webinar dengan menggandeng MNC Portal dan Sportstars.id. MNC Portal merupakan media berita daring di bawah MNC Group dengan salah satu portal tentang keolahragaannya bernama Sportstars.id.

Webinar yang digelar pada Selasa (8/2/2022) ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Dengan mengusung tema "Potensi ASEAN Para Games untuk Mendukung Industri dan Tourism", webinar ini menghadirkan dua pembicara yakni Ma'ruf El Rumi, Redaktur Pelaksana Sportstars.id dan Febriani Fajar Ekawati, dosen FKOR UNS sekaligus Indonesian Society for Adapted Physical Education (ISAPE).

Baca juga: UNS Raih Peringkat Enam Perguruan Tinggi Terbaik Nasional versi Webometrics 2022

Dekan FKOR UNS, Sapta Kunta Purnama mengatakan bahwa acara ini sejalan dengan visi dan misi FKOR UNS yakni menjalin relasi dengan media keolahragaan.

"Acara dan kerja sama ini sangat kami apresiasi karena sejalan dengan visi dan misi FKOR yaitu menjalin kerja sama nasional atau global di bidang keolahragaan. Selain itu, tema tentang ASEAN Para Games ini juga sangat kami apresiasi karena saat Vietnam mengundurkan diri menjadi tuan rumah, kami dari FKOR dan saya yang juga menjabat di NPC Indonesia langsung mengusahakan supaya ASEAN Para Games dapat tetap diselenggarakan dan dibawa ke Indonesia," ujar Sapta.

Direktur Pemberitaan MNC Portal Indonesia, Yadi Hendriana juga menyambut baik webinar ini. Yadi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada FKOR UNS yang telah berkenan mengadakan acara tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada UNS yang telah memberikan kesempatan MNC Portal untuk ikut berdiskusi dan menyambungkan apa yang ingin kami sampaikan mengenai dunia olahraga," tutur Yadi.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022 Diyakini Dongkrak Ekonomi Kota Solo

Webinar ini berjalan dengan menarik diikuti oleh puluhan mahasiswa dan dosen FKOR UNS. Pembicara pertama, Febriani Fajar Ekawati, menyampaikan bahwa banyak potensi yang ditimbulkan oleh ASEAN Para Games untuk industri di antaranya infrastruktur olahraga, sport events, training, hak siar dan media, serta produksi barang. Sementara itu, sektor pariwisata juga dapat turut terdongkrak dengan adanya ajang olahraga disabilitas dua tahunan ini terutama di bidang perhotelan dan kuliner.

Pembicara kedua, Ma'ruf El Rumi menambahkan bahwa potensi tersebut dapat lebih tinggi jika didukung oleh media yang suportif. Ma'ruf juga turut mengajak media untuk dapat memberitakan paragames sejajar dengan olahraga biasa khususnya ASEAN Para Games yang rencananya akan diselenggarakan Juli mendatang.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1870 seconds (11.252#12.26)