Undip E-Journal System jadi Portal Jurnal Ilmiah Terbaik Nasional versi Webometrics

Kamis, 10 Februari 2022 - 07:45 WIB
loading...
Undip E-Journal System jadi Portal Jurnal Ilmiah Terbaik Nasional versi Webometrics
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/Undip
A A A
JAKARTA - Universitas Diponegoro ( Undip ) semakin memantapkan diri sebagai universitas riset unggul di taraf nasional dan internasional. Berdasarkan hasil pemeringkatan terbaru lembaga pemeringkatan dunia Webometrics pada kategori Top Portal of Journal in Webometrics February 2022, Undip E-Journal System (UEJS) Portal terpilih menjadi Portal E-Journal terbaik di Indonesia.

“Saya kira membanggakan sekali pada pemeringkatan khusus portal jurnal oleh Webometrics versi February 2022 berhasil menempatkan Portal E-Journal Undip (khususnya Portal Undip E-Journal 3) sebagai yang terbaik di Indonesia dan ranking 71 dunia. Sebenarnya ada 3 portal jurnal di Undip, sementara yang Portal Undip E-Journal 2 menempati ranking 139 dunia”. jelas Kepala UPT Laboratorium Terpadu Prof. Dr. Istadi melansir laman resmi Undip di undip.ac.id, Kamis (10/2/2022).

Ada dua portal E-Journal di Undip yang mendapat ranking pada Webometrics versi February 2022 ini, yaitu Undip E-Journal System (UEJS) Portal 3 yang menempati posisi pertama di Indonesia dan posisi ke-71 dunia. Sedangkan Undip E-Journal System (UEJS) Portal 2 berhasil menempati posisi ke-139 dunia.

Lembaga pemeringkatan dunia, Webometrics menggunakan metode kuantitatif yang telah dirancang khusus dan menerapkan indikator yang memungkinkan untuk mengukur aktivitas ilmiah yang ada di website jurnal ilmiah.

Baca: Wow! Gaji Lulusan IPDN Bisa Tembus 20 Juta per Bulan, Tertarik?

Pada kategori Top Portal of Journal in Webometrics February 2022 ini, jurnal ilmiah yang diteliti ialah repositori jurnal ilmiah berdasarkan indeks artikel pada Google Scholar.

“Namun perlu diingat pemeringkatan Webometrics ini dinamis sekali, karena berdasarkan data real time dari website E-Journalnya menggunakan tool indeks Google Scholar. Biasanya Webometrics akan mengeluarkan ranking ini setahun dua kali," katanya.

Undip E-Journal System (UEJS) Portal merupakan portal tempat penerbitan jurnal ilmiah yang berfokus pada penerbitan hasil-hasil penelitian di Indonesia maupun di dunia yang memiliki manfaat dengan menggunakan metodologi penelitian yang kuat dan tepat.

Undip E-Journal System (UEJS) Portal telah menyediakan berbagai konten dan sumber artikel yang berkualitas tinggi yang mendorong penemuan dan mendorong kemajuan ilmiah paling berpengaruh di dunia.

Baca juga: UGM Berduka Guru Besar Fisipol Prof. Yahya Muhaimin Berpulang

Dengan hasil pemeringkatan Webometrics ini akan lebih memacu para pengelola jurnal di Undip agar lebih bersemangat lagi dalam mengelola jurnalnya dengan baik. Serta terus membantu mendiseminasikan hasil-hasil penelitian di Undip, dari perguruan tinggi, dan lembaga penelitian di Indonesia dan dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)