5 Tips Lulus UTBK 2022 yang Penting Diketahui Calon Mahasiswa

Sabtu, 12 Februari 2022 - 09:34 WIB
loading...
5 Tips Lulus UTBK 2022 yang Penting Diketahui Calon Mahasiswa
Ratusan calon mahasiswa mengikuti UTBK untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) adalah syarat utama pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri ( SBMPTN ). Memang pelaksanaanya sendiri baru akan dimulai Maret namun diperlukan persiapan sejak dini agar bisa lulus.

Persiapan sejak jauh-jauh hari dalam menghadapi UTBK SBMPTN memang diperlukan sebab persaingan masuk PTN melalui jalur ini sangat kompetitif karena diikuti oleh seluruh pelajar SMA dan sederajat atau serta lulusan paket C dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Belajar sejak dini juga penting sebab UTBK menguji tiga macam tes. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPA), tes kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Maka dari itu, persiapan pun perlu dilakukan matang agar tidak stres.

Baca: Salip Amerika dan India, Siswa MTs Negeri 1 Pati Borong 103 Medali

Berikut ini lima tips persiapan UTBK yang perlu dilakukan dirangkum dari laman Ruangguru di ruangguru.com.

1. Membangun kesadaran mental

Ini mungkin hal kecil yang banyak orang suka lupa. Kalau kamu benar-benar mau mempersiapkan UTBK dari sekarang, maka kesadaran mental itu yang perlu dibangun.

Maksudnya adalah, di dalam diri, secara mental calon peserta UTBK harus benar-benar sadar kalau akan menghadapi UTBK. Bangun pola pikir kalau apa yang bakal diusahakan ini memang tidak bisa keliatan hasilnya sekarang atau minggu depan, tapi nanti ketika hasil UTBK keluar.

Beberapa tips sederhana untuk bangun kesadaran mental misalnya dengan mengganti wallpaper ponsel atau laptop dengan kutipan yang memberi semangat terkait UTBK. Atau tulis kampus yang mau dituju di kertas, lalu tempel di tembok kamar agar teringat dan secara mental sadar kalau ini adalah bagian penting di hidup untuk diperjuangkan.

Baca juga: Mau Kuliah di Universitas Luar Negeri, Ini Negara Terbaik untuk Kawasan Asia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)