Mau Kuliah ke Jerman? Ini Rekomendasi Beasiswa yang Bisa Dicoba

Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:45 WIB
loading...
Mau Kuliah ke Jerman? Ini Rekomendasi Beasiswa yang Bisa Dicoba
Ilustrasi beasiswa untuk mahasiswa. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Salah satu negara favorit mahasiswa luar negeri yang ingin kuliah di kawasan Eropa adalah Jerman. Perguruan tinggi di negara yang beribukota di Berlin ini pun bisa diraih dengan beragam beasiswa.

Bidang paling favorit yang dipilih mahasiswa untuk lanjut kuliah di Jerman adalah teknik dan sains. Karena memang, Jerman merupakan negara yang terkenal dengan perkembangan teknologi dunia dan sainsnya.

Contoh saja seperti merk mobil terkenal di dunia, BMW dan Mercedez Benz yang keduanya berasal dari Jerman. Namun, jangan khawatir bidang lainnya seperti sosial, humaniora, bisnis dan manajemen di Jerman pun tidak kalah bagusnya.

Sistem perkuliahan di Jerman ternyata juga cukup unik. Sistem yang digunakan di perkuliahan Jerman menggunakan ECTS (European Credit Transfer and Accumulation Sytem) yang memiliki rata-rata bobot 30 ECTS dalam satu semester.

Selain itu, sistem penilaian di Jerman pun sedikit berbeda dari negara lain. Mereka menggunakan skala penilaian 1.0 – 6.0 yang berarti 6.0 adalah nilai terendah sedangkan 1.0 adalah nilai tertinggi.

Dikutip dari laman schoters.com, berikut ini tiga rekomendasi beasiswa yang bisa menjadi rujukan untuk menempuh kuliah di negara markasnya tim sepakbola Bayern Munchen ini.

Baca: Tips Raih Beasiswa IISMA dari Mahasiswa ITB yang Berhasil ke Spanyol

1. Beasiswa DAAD

Beasiswa DAAD merupakan Beasiswa fully funded paling favorit dengan total angka penerima 2 juta di seluruh dunia. Setiap tahunnya, Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) mendukung lebih dari 100.000 mahasiswa, peneliti Jerman dan internasional di seluruh dunia.

Beasiswa ini didanai sepenuhnya oleh Pemerintah Jerman. Beasiswa DAAD terbagi berdasarkan jenjang S2 dan S3. Selain jenjang, DAAD juga terbagi berdasarkan program studi dan universtias yang dipilih oleh para pejuang beasiswa luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)