Ini Ciri-ciri Anak yang Memiliki IQ Tinggi, Orang Tua Wajib Tahu

Kamis, 16 Juni 2022 - 17:13 WIB
loading...
Ini Ciri-ciri Anak yang Memiliki IQ Tinggi, Orang Tua Wajib Tahu
Anak Jenius. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap orang tua mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu tolak ukur yang sering dianggap sebagai keberhasilan dari tumbuh kembang anak adalah nilai IQ yang tinggi.

Dilansir dari Cognition Today, Kamis (16/6/2022), skor IQ (Intelligence Quotient) bisa didapatkan dari tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog .



Biasanya, 70% orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95% orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Namun, tanpa melihat skor IQ, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan orang tua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.



“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespons, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)