Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Minggu, 13 Februari 2022 - 20:09 WIB
loading...
Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk jalur SNMPTN 2022 sudah dibuka mulai 13 Februari 2022. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah Merdeka untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah dibuka mulai 13 Februari 2022. Pendaftaran KIP Kuliah akan ditutup pada 27 Februari mendatang.

Bagi para siswa yang hendak mendaftar SNMPTN sekaligus KIP Kuliah, juga bisa melakukannya bersamaan. Harapannya, jika mendaftar lebih awal untuk keduanya, siswa bisa lebih tenang dan fokus untuk hal lainnya.



Lalu, bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah SNMPTN 2022? Dilansir dari laman KIP Kuliah, begini cara dan persyaratannya.

Cara membuat akun KIP Kuliah SNMPTN 2022:

1. Buka laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, klik Daftar/Masuk untuk membuat akun.

2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat email aktif, disarankan akun email Gmail.

3. Buka email dari KIP Kuliah dan login di laman KIP Kuliah. Email dikirimkan maksimal 1 x 24 jam.



4. Setelah login, jika muncul status akun Terdata DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), akan muncul tab komponen Biodata, Keluarga, Prestasi, dan Rencana.

5. Jika sudah terdata DTKS di Kementerian Sosial (Kemensos) tapi di laman KIP Kuliah diidentifikasi sebagai akun belum terdata DTKS, tekan tombol sinkronisasi di kanan atas untuk pengecekan sistem ke DTKS berdasarkan NIK.

6. Jika belum terdata DTKS Kemensos dan muncul status akun belum terdata DTKS, loncat ke poin 15.

7. Bagi siswa dengan status akun Terdata DTKS, isi komponen Biodata dengan data riil. Beberapa data dasar diambil dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Electronic Management Information System (EMIS).

Jika tidak sesuai dengan data yang benar, kontak operator sekolah untuk revisi data. Jika siswa pendaftar sudah lulus, revisi mandiri di laman Verval Data Kemdikbud https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

8. Jika melakukan revisi, setelah data berubah di Dapodik/EMIS, klik tombol Sinkronisasi Ulang Dapodik. Sistem akan mengambil data terakhir yang ada di Dapodik.

9. Isikan tab komponen Keluarga dengan data sebenarnya.

10. Isikan tab komponen Prestasi dengan data 3 prestasi paling unggul. Data prestasi merupakan salah satu pertimbangan perguruan tinggi tujuan untuk proses validasi siswa

11. Isikan tab Rencana mulai dari gambaran tempat tinggal ketika sudah diterima di perguruan tinggi, dukungan, transportasi dari asal daerah, transportasi harian, dan biaya transportasi

12. Jika semua data sudah terisi, akan muncul tab menu Seleksi. Siswa bisa klik Daftar untuk mendaftar KIP Kuliah jalur SNMPTN 2022. Peserta bisa ikut semua jalur seleksi yang tersedia sesuai jadwal pembukaan masing-masing.

13. Jika berkas sudah lengkap, akan muncul tab komponen Cetak Kartu Peserta dan Cetak Formulir berisi kartu peserta KIP Kuliah dan Formulir Pendaftaran. Keduanya akan digunakan juga untuk registrasi ulang jika diterima di perguruan tinggi dengan KIP Kuliah

14. Di kartu peserta KIP Kuliah, akan muncul nomor KIP Kuliah siswa, nomor Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau status DTKS yang terdaftar atau tidak.

15. Jika belum terdata DTKS Kemensos, akan muncul tab komponen Ekonomi, Rumah dan Aset.

16. Isikan data Ekonomi termasuk dokumen pendukung keadaan ekonomi dari kelurahan atau lainnya.

17. Isikan data Rumah beserta foto dengan keadaan sebenar-benarnya untuk mengantisipasi validasi dari perguruan tinggi.

18. Isikan data Aset dengan data sebenar-benarnya, seperti barang berharga, emas, sepeda motor, becak, dan lain-lain.

19. Siswa melakukan finalisasi pendaftaran dengan melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah dan pilih jalur seleksi yang akan diikuti, yaitu SNMPTN.

20. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran SNMPTN 2022 di portal LTMPT.

21. Calon penerima KIP Kuliah yang sudah diterima di perguruan tinggi dapat menjalani verifikasi lebih lanjut oleh pihak perguruan tinggi sebelum diusukan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah validasi oleh perguruan tinggi dilihat dari kepemilikan nomor KIP, KKS, dan status DTKS.

Jika tidak memiliki salah satunya, maka validasi dapat dilakukan berdasarkan status ekonomi yang diinput siswa maupun peninjauan sampling ke lapangan.

Jika siswa sudah terdaftar di DTKS namun belum teridentifikasi di laman KIP Kuliah, cukup klik sekali tombol sinkronisasi.

Apabila ada kendala saat mencoba cara membuat akun KIP Kuliah 2022, sampaikan ke Help Desk 24 jam dengan klik tombol tanda tanya di bagian pojok kanan laman.



Persyaratan KIP Kuliah 2022:

- Siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
- Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
- Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP.
- Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
- Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022:

- Pendaftaran akun siswa : 2 Februari - 31 Oktober 2022
- SNMPN: 7 Februari - 17 Maret 2022
- SNMPTN: 13 Februari - 27 Februari 2022
- UTBK-SBMPTN: 22 Maret - 14 April 2022
- SBMPN: 5 April - 29 Juni 2022
- Seleksi Mandiri PTN: 1 Juni - 7 Oktober 2022
- Seleksi Mandiri PTS: 8 Juni - 31 Oktober 2022

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Siswa diimbau untuk tetap memantau laman KIP Kuliah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)