Mengenal 7 Institut Seni Negeri di Indonesia, Bisa Jadi Referensi Daftar SNMPTN-SBMPTN

Rabu, 16 Februari 2022 - 09:21 WIB
loading...
Mengenal 7 Institut Seni Negeri di Indonesia, Bisa Jadi Referensi Daftar SNMPTN-SBMPTN
Pengunjung saat melihat pameran seni kolektif dari 13 seniman/perupa Indonesia di Jakarta. Foto/Dok.SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Mungkin sebagian dari calon mahasiswa mengenal institut hanya sebatas institut di bidang teknologi, pertanian atau bisnis saja. Padahal institut di bidang seni juga ada dan cocok dipilih calon mahasiswa pecinta seni dan budaya .

Bahkan, institut seni di tanah air pun ada beberapa yang berpredikat perguruan tinggi negeri sehingga siswa bisa mendaftar sebagai mahasiswa di sana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com, berikut ini tujuh institut seni negeri yang bisa menjadi pilihan di SNMPTN ataupun SBMPTN 2022.

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang

Kampus ini berlokasi di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Awalnya bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), lalu berubah menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) pada 1 Januari 2010 sesuai Perpres RI Nomor 60 Tahun 2009.

Baca: Mahasiswa UMM Raih Medali Emas di Ajang Internasional AISEEF

Beberapa penghargaan telah diterima oleh kampus ini. Kampus ini memiliki dua fakultas yang terdiri dari beberapa program studi. Ada Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta berdiri sejak 23 Juli 1984. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang D3, D4, S1, S2 hingga S3. Kampus yang memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi seni ini memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Media Rekam.

Beberapa program studi yang ditawarkan pun agak berbeda dengan kampus seni lain, cek ke laman isi.ac.id untuk informasi lebih lengkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)