10 Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan SMA yang Ingin Langsung Kerja

Rabu, 16 Februari 2022 - 15:16 WIB
loading...
10 Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan SMA yang Ingin Langsung Kerja
10 rekomendasi pekerjaan bagi lulusan SMA. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Seseorang yang bersekolah di jenjang SMA memang umumnya diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi . Namun demikian, tidak semua orang bisa meneruskan pendidikan karena adanya halangan seperti keterbatasan ekonomi.

Persaingan di dunia kerja memang sengit. Bagi lulusan SMA yang mau bekerja, tentunya harus sanggup bersaing dengan para pencari kerja lain yang bertitel sarjana bahkan pencari kerja dengan gelar yang lebih tinggi lagi.

Namun lulusan SMA tidak perlu khawatir dan jangan minder dulu akan sulit mendapatkan pekerjaan. Dengan bakat, keterampilan dan keahlian yang dimiliki lulusan SMA pun bisa mendapat pekerjaan. Bahkan di perusahaan besar sekalipun.

Mengutip laman Universitas Nusa Mandiri di nusamandiri.info, bagi lulusan SMA yang ingin langsung bekerja, beberapa pekerjaan di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan setelah lulus.

1. Penulis

Memiliki profesi sebagai penulis dapat jadi rekomendasi setelah lulus dari bangku SMA. Kalian dapat membuat ulasan atau review terhadap suatu produk, menulis artikel berita, dan berbagai konten lainnya. Selain itu juga dapat mendaftarkan diri sebagai penulis lepas pada perusahaan penyedia jasa penulisan.

Baca: Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021

Selain mendapatkan penghasilan, sebagai penulis juga akan memperoleh banyak wawasan. Profesi sebagai penulis menjadi salah satu pekerjaan yang fleksibel karena dapat dilakukan saat bekerja sambil kuliah. Selain itu, juga tidak harus berangkat ke kantor setiap hari. Namun, hal itu tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

2. Customer Service

Setelah lulus dari bangku SMA, pekerjaan sebagai customer service biasanya menjadi yang paling banyak diminati. Biasanya lowongan kerja lulusan SMA sebagai customer service dibuka untuk perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan memberikan peluang untuk laki-laki.

Tugas dari customer service biasanya menangani berbagai keluhan yang masuk ke perusahaan yang berkaitan dengan klien. Pekerjaan sebagai customer service tampak sederhana, namun pada dasarnya pekerjaan ini menuntut kesabaran, fokus, dan pengetahuan yang luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3612 seconds (0.1#10.140)