Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021

Rabu, 16 Februari 2022 - 14:47 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021
Jurusan hubungan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Begitu banyak pilihan jurusan di perguruan tinggi kadang membuat bingung calon mahasiswa baru. Terutama bagi lulusan IPS yang ingin mendapat jurusan linier dengan apa yang dipelajarinya di sekolah. Berikut ini adalah 10 jurusan bagi anak IPS yang paling diminati pada SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Berbeda dengan anak IPA, anak IPS biasanya lebih senang hafalan dari pada rumus-rumus matematika atau sains lainnya. Cenderung lebih banyak mempelajari ilmu sosial pun menyebabkan mereka berjiwa sosial tinggi dan komunikatif.



Lalu apa saja jurusan yang cocok bagi anak IPS? Agar tidak salah pilih jurusan simak dulu ulasan 10 jurusan untuk anak IPS yang telah dirangkum dari laman resmi Go Kampus di gokampus.com, Rabu (16/2/2022) berikut ini.

1. Jurusan Psikologi
Jurusan kuliah untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Tidak jarang mahasiswa psikolog dianggap sebagai cenayang karena bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Prospek jurusan psikologi terbuka mulai dari menjadi HRD, peneliti dan juga psikolog.

2. Jurusan Sastra
Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan sastra. Kalau senang belajar bahasa baru, jurusan sastra cocok jadi pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Anak sastra tidak hanya belajar bahasa Inggris saja namun juga belajar bahasa negara lain yang makin populer seperti Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.



Pilih sastra mana yang sesuai dengan minat dan dapatkan prospek kerja yang mengagumkan seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar.

3. Jurusan Hubungan Internasional
Jurusan Hubungan Internasional juga biasa menjadi tujuan lulusan anak IPS yang tertarik dengan politik luar negeri. Sebab jurusan ini bisa dibilang termasuk salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi karena selalu jadi incaran banyak pelajar Indonesia.

Mahasiswa HI akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)