10 Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan SMA yang Ingin Langsung Kerja

Rabu, 16 Februari 2022 - 15:16 WIB
loading...
10 Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan SMA yang Ingin Langsung Kerja
10 rekomendasi pekerjaan bagi lulusan SMA. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Seseorang yang bersekolah di jenjang SMA memang umumnya diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi . Namun demikian, tidak semua orang bisa meneruskan pendidikan karena adanya halangan seperti keterbatasan ekonomi.

Persaingan di dunia kerja memang sengit. Bagi lulusan SMA yang mau bekerja, tentunya harus sanggup bersaing dengan para pencari kerja lain yang bertitel sarjana bahkan pencari kerja dengan gelar yang lebih tinggi lagi.

Namun lulusan SMA tidak perlu khawatir dan jangan minder dulu akan sulit mendapatkan pekerjaan. Dengan bakat, keterampilan dan keahlian yang dimiliki lulusan SMA pun bisa mendapat pekerjaan. Bahkan di perusahaan besar sekalipun.

Mengutip laman Universitas Nusa Mandiri di nusamandiri.info, bagi lulusan SMA yang ingin langsung bekerja, beberapa pekerjaan di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan setelah lulus.

1. Penulis

Memiliki profesi sebagai penulis dapat jadi rekomendasi setelah lulus dari bangku SMA. Kalian dapat membuat ulasan atau review terhadap suatu produk, menulis artikel berita, dan berbagai konten lainnya. Selain itu juga dapat mendaftarkan diri sebagai penulis lepas pada perusahaan penyedia jasa penulisan.

Baca: Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021

Selain mendapatkan penghasilan, sebagai penulis juga akan memperoleh banyak wawasan. Profesi sebagai penulis menjadi salah satu pekerjaan yang fleksibel karena dapat dilakukan saat bekerja sambil kuliah. Selain itu, juga tidak harus berangkat ke kantor setiap hari. Namun, hal itu tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

2. Customer Service

Setelah lulus dari bangku SMA, pekerjaan sebagai customer service biasanya menjadi yang paling banyak diminati. Biasanya lowongan kerja lulusan SMA sebagai customer service dibuka untuk perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan memberikan peluang untuk laki-laki.

Tugas dari customer service biasanya menangani berbagai keluhan yang masuk ke perusahaan yang berkaitan dengan klien. Pekerjaan sebagai customer service tampak sederhana, namun pada dasarnya pekerjaan ini menuntut kesabaran, fokus, dan pengetahuan yang luas.

3. Asisten Pilot

Saat ini, menjadi asisten pilot dapat menjadi pilihan pekerjaan setelah lulus dari bangku SMA. Profesi ini terbuka bagi siswa yang mengambil jurusan IPA. Sebelum memiliki profesi tersebut, bisanya harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Lowongan pekerjaan sebagai asisten pilot biasanya dibuka oleh maskapai penerbangan.

4. Asisten Dokter Gigi

Memilih profesi sebagai asisten dokter gigi juga bisa menjadi pilihan lulusan SMA. Jika memiliki karakter cekatan, ramah dan mudah menyesuaikan diri, maka kamu dapat melamar pekerjaan satu ini. Tugas untuk asisten dokter gigi diantaranya adalah mengurus pendaftaran, keperluan dokter dan berbagai administrasi lainnya.

5. Penginput Data

Input data dapat menjadi pilihan profesi setelah lulus SMA. Pasalnya pekerjaan ini sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu menginputkan data pada sistem perusahaan. Walaupun mudah, namun pekerjaan ini membutuhkan tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Sedikit kesalahan saja dapat memiliki dampak yang besar untuk perusahaan.

6. Anak Buah Kapal (ABK)
Keuntungan menjadi Anak Buah Kapal (ABK) adalah dapat berlayar keluar kota bahkan keluar negeri. Profesi ini menawarkan gaji yang besar. Pengalaman yang dimiliki juga dapat menjadi referensi untuk berkarir di bidang ini.

7. Operator Produksi

Biasanya lowongan sebagai operator produksi banyak dibuka jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Perkembangan industri di tanah air juga menjadi hal yang melatarbelakangi dibutuhkannya staf di bagian produksi.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 5 Pekerjaan Bergaji Tinggi hingga Rp250 Juta per Bulan

Job desk pekerjaan ini adalah mengoperasikan mesin ataupun alat yang digunakan saat proses produksi berlangsung. Selain itu, operator produksi biasanya juga membuat laporan, menjaga lingkungan kerja agar tetap kondusif serta bekerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Walaupun tampak mudah, pekerjaan sebagai operator produksi membutuhkan ketekunan dan kekuatan fisik. Hal itu dikarenakan profesi ini menuntut pekerjanya untuk berdiri atau duduk selama jam kerja. Ketelitian dibutuhkan agar dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

8. Staf Agrikultur

Pekerjaan ini cocok bagi yang menyukai tantangan dan pecinta alam. Lulusan SMA dapat bekerja pada perusahaan yang bergerak dibidang pertanian ataupun peternakan. Sebagai staf, nantinya akan dilibatkan dalam pengelolaan perusahaan.

9. Pengajar Bimbingan Belajar
Jika memiliki karakter ulet dan tekun untuk berbagi ilmu, maka profesi sebagai pengajar bimbel dapat menjadi pilihan. Selain itu juga dapat membuka jasa les untuk mata pelajaran tertentu dengan target siswa/siswi SD, SMP, dan SMA. Pekerjaan ini cukup fleksibel dan dapat menambah wawasan kamu.

10. Berbisnis Online

Profesi selanjutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah dengan menjalankan bisnis online. Di era teknologi seperti sekarang ini, lulusan SMA dapat memulai usaha digital dengan mudah. Walaupun mudah, tapi harus tetap melakukan analisa pasar, menetapkan harga jual, dan mengambil keputusan untuk keberlangsungan bisnis.

Bagi yang menekuninya, berbisnis online dapat membantu untuk memperoleh keuntungan yang besar. Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)