Keren, Papua akan Punya Kampus Bertaraf Internasional

Kamis, 17 Februari 2022 - 10:09 WIB
loading...
Keren, Papua akan Punya Kampus Bertaraf Internasional
Kampus bertaraf internasional akan dibangun di Papua. Foto/tangkapan layar Instagram Ditjen Diktiristek
A A A
JAKARTA - Provinsi Papua dalam waktu dekat akan mempunyai kampus bertaraf internasional. Pembangunan kampus bernama Universitas Internasional Papua (UIP) ini adalah bagian dari dari upaya percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua.

Adanya pendidikan tinggi bertaraf internasional di Papua ini merupakan bagian dari fokus Presiden Joko Widodo dalam realisasi Inpres No 09/2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua.

Mengutip Instagram Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek @ditjen.dikti, Kantor Staf Presiden (KSP) mengapresiasi pendirian Universitas Internasional Papua yang ditandai dengan penyerahan SK Izin Pendirian Universitas Internasional Papua oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Suriel S Mofu kepada Lembaga Penyelenggara Universitas Internasional Papua, Samuel Tabuni di Jayapura, Senin 14 Februari 2022 lalu.

Baca: Cerdas dan Inspiratif, Inilah 5 Rektor Perempuan dari PTN Terbaik

Universitas Internasional Papua sendiri nantinya akan memiliki dua fakultas unggulan, yaitu:

1. Fakultas Sains dan Teknologi

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

UIP juga akan melengkapi fasilitas kampusnya dengan research center berskala internasional untuk menunjang sarana pembelajaran mahasiswa.

Selain itu, pihak kampus akan mendatangkan pengajar-pengajar terbaik dari Papua maupun dari luar negeri. Mereka akan diseleksi dengan latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan UIP sebagai akselerasi kemajuan di Tanah Papua.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Anak Anda Cerdas Secara Emosional

KSP juga mengapresiasi terbitnya SK tersebut dan melihat UIP dapat berkontribusi menghasilkan SDM yang berkualitas dan berstandar internasional di Bumi Cenderawasih ini.

Apalagi wilayah Papua memiliki potensi strategis dalam pengembangan kerja sama pendidikan bertaraf internasional karena dekat dan berbatasan dengan negara lain.Seperti, Papua Nugini, Australia, dan Selandia Baru serta memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan negara pasifik.

"UIP diharapkan menjadi terang dari Timur untuk memulai suatu fondasi baru bagi pembangunan Indonesia Timur yang berkualitas, berdaya saing dan mampu meningkatkan prestasi serta penyerapan tenaga kerja potensial yang mumpuni di bidangnya," ujar Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan di Instagram @ditjen.dikti.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)