ITERA Akan Terima 2.500 Mahasiswa di Jalur SNMPTN 2022

Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:30 WIB
loading...
ITERA Akan Terima 2.500 Mahasiswa di Jalur SNMPTN 2022
Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Foto/tangkapan layar laman ITERA
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) telah dimulai sejak 14– 28 Februari 2022. Pada jalur penerimaan pertama yang dapat dipilih siswa kelas 12 SMA/MA/SMK sederajat ini, Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) membuka pendaftaran untuk 36 program studi, termasuk satu prodi baru yaitu Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu.

Total kuota penerimaan mahasiswa ITERA melalui jalur SNMPTN tahun ini mencapai 2.500 mahasiswa. Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA Eko Satria menyampaikan, 36 program studi yang dibuka dalam pendaftaran SNMPTN ITERA tahun ini selengkapnya dapat diakses calon mahasiswa melalui laman resmi pmb.itera.ac.id. Lima program studi (prodi) terfavorit berdasarkan jumlah peminat terbanyak SNMPTN tahun lalu, yaitu Prodi Farmasi, Teknik Informatika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, dan Teknik Pertambangan.

“36 Program Studi yang dibuka dalam pendaftaran SNMPTN ITERA tahun ini selengkapnya dapat diakses calon mahasiswa melalui laman resmi pmb.itera.ac.id," mengutip laman ITERA, Sabtu (19/2022).

Baca: Cek Daftar Prodi Saintek dan Soshum dengan Keketatan Tertinggi di SNMPTN 2021

Meski demikian, menurut Eko, prodi lain juga cukup diminati karena merupakan prodi khas ITERA yang sesuai kebutuhan saat ini. Seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Sains Data, Teknik Perkeretaapian, Sains Lingkungan Kelautan, Rekayasa Kehutanan, hingga Sains Atmosfer dan Keplanetan.

Terkait syarat pendaftar, Eko menjelaskan, hampir seluruh prodi di ITERA mensyaratkan pendaftar berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA. Hanya satu prodi yang dapat dipilih siswa dari jurusan IPS yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV). Selain itu, dua prodi yaitu DKV, dan Arsitektur juga mensyaratkan pendaftar melampirkan portofolio karya.

“Jadi para siswa yang akan mendaftar prodi DKV dan Arsitektur ITERA sebaiknya segera menyiapkan karyanya sebagai portofolio,” ujar Eko.

Tahap Pendaftaran

Tahap pendaftaran SNMPTN yang harus dilakukan siswa yang telah memiliki akun LTMPT yaitu, pertama melakukan login ke portal resmi LTMPT yaitu portal.ltmpt.ac.id. Setelah itu, siswa dapat mengecek profil yang berisi biodata, sebelum akhirnya memilih program studi di kampus pilihan.

Baca juga: Rektor Unair Buka AEE 2022, Golden Ticket Ditawarkan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)