10 Mahasiswa UNS Ikut Program Magang BIPA di Yale University

Sabtu, 19 Februari 2022 - 12:56 WIB
loading...
10 Mahasiswa UNS Ikut Program Magang BIPA di Yale University
10 mahasiswa UNS ikut program magang BIPA di Yale University. Foto/tangkapan layar laman UNS
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta ikut berpartisipasi dalam program magang Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Yale University.

Kegiatan magang BIPA ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Negeri Semarang (Unnes), UNS, dan Yale University. Program magang BIPA akan berlangsung selama tiga bulan secara daring.

Adapun 10 mahasiswa UNS yang terpilih berasal dari sembilan mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UNS. Mereka adalah Ain Nur Safira dan Aisyah Salma Rasyidah.

Kemudian ada Cindy Laila Indahsari, Esti Yulandari, Kenes Ratu Pawestri, Lailatul Karimah, Nanda Yogi Zaliarisma, Nuri Puji Hastuti, dan Umi Zulaihah serta satu mahasiswa dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FKIP UNS Ajeng Sekar Mayastuti.

Baca: Sederet Judul Skripsi Paling Unik, Lucu, dan Menarik Perhatian

“Program magang BIPA di Yale University untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa di Yale University tentang bahasa dan budaya Indonesia. Pembelajarannya berbentuk case dengan materi yang dikemas ke dalam 4 ranah keterampilan berbahasa berbekal bahasa dan budaya Indonesia,” ujar Koordinator dan Pembimbing Program Magang BIPA FKIP UNS Kundharu Saddhono melansir laman UNS di uns.ac.id, Sabtu (19/2/2022).

Nuri Puji Hastuti mahasiswa terpilih dalam program magang ini mengatakan, program magang BIPA bertujuan untuk mengajarkan bahasa Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya asli Indonesia. Lebih lanjut, juga untuk memberikan pelatihan bahasa Indonesia bagi mahasiswa Yale University.

“Dengan mengikuti program magang BIPA ini semoga bisa memberikan kontribusi dengan mengenalkan budaya Indonesia secara lebih luas lewat bahasa Indonesia,” lanjutnya.

Kesempatan ini juga memberikan manfaat bagi mahasiswa magang untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa dari Yale University.

“Sistemnya nanti karena masih magang jadi lebih ke tutor sebaya. Setiap mahasiswa magang akan dipasangkan dengan mahasiswa dari Yale University dan berinteraksi via Zoom,” kata Cindy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4363 seconds (0.1#10.140)