Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Fisika Murni dan Gajinya

Senin, 21 Februari 2022 - 14:11 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Fisika Murni dan Gajinya
Gaji lulusan fisika murni dan prospek kerjanya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa baru terutama anak IPA jurusan Fisika Murni bisa menjadi peluang studi selanjutnya di perguruan tinggi . Sebab lulusan Fisika Murni ternyata memiliki peluang karier dan gaji yang menjanjikan.

Mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Fisika itu masih terbagi lagi atas Pendidikan Fisika, Fisika Murni dan Teknik Fisika. Melansir laman Aku Pintar, jurusan Pendidikan Fisika sendiri mencetak calon-calon pengajar atau akademisi.

Selain belajar tentang Ilmu Fisika, kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika juga akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang bagaimana cara mengajar, menyusun perangkat pengajaran, menangani murid, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Fisika Murni terkadang dikenal juga sebagai Fisika MIPA. Mahasiswanya akan diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan dengan dasar-dasar teori Fisika yang kuat. Alhasil, mahasiswanya akan semakin akrab dengan berbagai rumus dan hitungan Fisika.

Baca: 6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Sejarah yang Bisa Dilirik Calon Mahasiswa Baru

Sementara Teknik Fisika akan mempelajari ilmu Fisika yang berguna sebagai dasar ilmu teknik. Sebagai seorang calon insinyur, tidak hanya dituntut untuk memahami teori-teori Fisika, tetapi juga dilatih untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan Fisika di lapangan.

Lalu apa saja peluang kerja lulusan Fisika Murni? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini lima karier yang bisa dijalani lulusan Fisika Murni dan juga kisaran gajinya. Kisaran gaji yang didapat tentunya akan tergantung dari kemampuan dan pengalaman masing-masing.

1. Ilmuwan

Peluang atau prospek kerja Fisika Murni tentunya bisa menjadi ilmuwan Fisika. Jika ingin menjadi ilmuwan sepenuhnya, bisa masuk ke FMIPA jurusan Fisika. Siswa yang suka belajar mengenai ilmu fisika, bisa fokus dan menamatkan pendidikan di jurusan ini.

Menjadi ilmuwan Fisika tidak hanya bisa bergabung dengan institusi dalam negeri namun tidak menutup kemungkinan bisa berkarier hingga mancanegara. Dari profesi ini, bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

2. PNS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)