Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Fisika Murni dan Gajinya

Senin, 21 Februari 2022 - 14:11 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Fisika Murni dan Gajinya
Gaji lulusan fisika murni dan prospek kerjanya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa baru terutama anak IPA jurusan Fisika Murni bisa menjadi peluang studi selanjutnya di perguruan tinggi . Sebab lulusan Fisika Murni ternyata memiliki peluang karier dan gaji yang menjanjikan.

Mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Fisika itu masih terbagi lagi atas Pendidikan Fisika, Fisika Murni dan Teknik Fisika. Melansir laman Aku Pintar, jurusan Pendidikan Fisika sendiri mencetak calon-calon pengajar atau akademisi.

Selain belajar tentang Ilmu Fisika, kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika juga akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang bagaimana cara mengajar, menyusun perangkat pengajaran, menangani murid, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Fisika Murni terkadang dikenal juga sebagai Fisika MIPA. Mahasiswanya akan diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan dengan dasar-dasar teori Fisika yang kuat. Alhasil, mahasiswanya akan semakin akrab dengan berbagai rumus dan hitungan Fisika.

Baca: 6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Sejarah yang Bisa Dilirik Calon Mahasiswa Baru

Sementara Teknik Fisika akan mempelajari ilmu Fisika yang berguna sebagai dasar ilmu teknik. Sebagai seorang calon insinyur, tidak hanya dituntut untuk memahami teori-teori Fisika, tetapi juga dilatih untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan Fisika di lapangan.

Lalu apa saja peluang kerja lulusan Fisika Murni? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini lima karier yang bisa dijalani lulusan Fisika Murni dan juga kisaran gajinya. Kisaran gaji yang didapat tentunya akan tergantung dari kemampuan dan pengalaman masing-masing.

1. Ilmuwan

Peluang atau prospek kerja Fisika Murni tentunya bisa menjadi ilmuwan Fisika. Jika ingin menjadi ilmuwan sepenuhnya, bisa masuk ke FMIPA jurusan Fisika. Siswa yang suka belajar mengenai ilmu fisika, bisa fokus dan menamatkan pendidikan di jurusan ini.

Menjadi ilmuwan Fisika tidak hanya bisa bergabung dengan institusi dalam negeri namun tidak menutup kemungkinan bisa berkarier hingga mancanegara. Dari profesi ini, bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

2. PNS

Sebagai lulusan jurusan Fisika Murni juga dapat bekerja sebagai ASN atau PNS yang menjadi salah satu pekerjaan idaman banyak orang. Saat tes CPNS, bisa mendaftar ke lembaga tertentu yang memerlukan peneliti seperti LIPI, BATAN, dan LAPAN.

Gaji seorang PNS sangat bergantung pada jabatan dan golongannya. Untuk lulusan S1, kisaran gajinya sekitar Rp5 juta per bulan dan belum termasuk tunjangan lainnya.

Baca juga: Empat Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

3. BUMN

Bekerja di perusahaan plat merah atau BUMN juga bisa dicoba dilamar setelah lulus kuliah nanti. Misalnya saja ke perusahaan Pertamina, PLN, dan perusahaan-perusahaan BUMN lainnya. Gaji pegawai tetap di BUMN tentu saja sangat besar dan menjamin kehidupan yang layak. Kisaran gajinya sekitar Rp5 juta setiap bulannya dan ditambah dengan tunjangan.

4. Perusahaan Energi

Yang keempat, lulusan Fisika bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang energi. Perusahaan energi baik milik negara atau swasta bisa memberikan prospek kerja Fisika yang terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di BUMN atau memilih sektor swasta.

Gaji seorang peneliti di perusahaan energi sangat besar, yaitu sekitar Rp10.000.000 hingga mencapai Rp30.000.000 per bulan. Penghasilan tersebut setimpal karena profesi ini memiliki risiko dan tanggung jawab yang tidak kalah besar.

5. Perbankan

Sebagai lulusan fisika juga bisa berkarir di bidang perbankan baik itu bagian front office maupun back office. Gaji seorang pegawai bank khususnya lulusan Fisika yang bisa menghitung laju pertumbuhan bunga dan lajur uang menggunakan persamaan Schrodinger jelas sangat besar, yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)