Unair Sediakan Beragam Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

Senin, 21 Februari 2022 - 18:18 WIB
loading...
Unair Sediakan Beragam Beasiswa untuk Mahasiswa Baru
Unair sediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa baru. Foto/Dok Humas Unair
A A A
JAKARTA - Dalam memperluas akses pendidikan tinggi untuk masyarakat Universitas Airlangga ( Unair ) menyediakan beragam beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

Direktur Kemahasiswaan Unair M Hadi Subhan menyampaikan beberapa informasi penting mengenai program beasiswa bagi para mahasiswa dalam gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2022.

“Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa Unair baik untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi maupun mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang tertentu,” katanya melansir laman Unair di unair.ac.id, dikutip Senin (21/2/2022).

Beasiswa KIP Kuliah

Bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, sambung Hadi, pemerintah telah menyediakan beasiswa pendanaan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang sebelumnya bernama program Bidik Misi.

Baca: Bantu Mahasiswa, Uhamka Salurkan 100 Beasiswa Sang Surya Lazismu

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar untuk seleksi beasiswa ini sebelum mendaftar di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN.

“Setiap tahun, KIP Kuliah tidak seluruhnya dapat terserap di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Maksudnya, ada sisa jatah KIP Kuliah yang artinya peluangnya sangat besar sekali,” papar Hadi.

Di kampus negeri yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur ini sendiri terdapat sekitar 35 % mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di jenjang S1, D4, dan jenjang D3.

Calon mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat menerima beasiswa KIP Kuliah akan memperoleh pendanaan pendidikan penuh selama delapan semester bagi mahasiswa S1 dan D4, enam semester bagi mahasiswa D3, empat semester bagi mahasiswa D2, dan dua semester bagi mahasiswa D1.

Bagi mahasiswa prodi kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, ners, dan apoteker terdapat juga tambahan dana beasiswa untuk program profesi.

KIP Kuliah juga menyediakan subsidi biaya hidup sebesar Rp1.250.000 per bulan yang dananya akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima beasiswa.

Baca juga: Siap-siap, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP yang Dibuka 25 Februari 2022

Beasiswa Prestasi

Bagi mahasiswa yang tergolong mampu namun ingin memperoleh beasiswa, Hadi menyampaikan, mereka dapat mendaftar program beasiswa prestasi dari berbagai sumber seperti pemerintah, BUMN, yayasan atau lembaga, maupun perusahaan swasta.

“Biasanya, program beasiswa ini mensyaratkan skor IPK minimal sehingga mahasiswa baru bisa mendaftar setelah mengikuti satu semester perkuliahan,” jelas Hadi.

Beasiswa Tahfidz Quran

Unair menyediakan beasiswa Tahfidz Quran bagi mahasiswa yang mampu menghafal minimal lima juz dalam Al Quran. Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi untuk beasiswa ini akan memperoleh pendanaan pendidikan selama satu semester penuh dan dapat mengikuti seleksi kembali di semester berikutnya.

“Kami juga menyediakan beasiswa sejenis bagi mahasiswa non muslim. Jadi, bagi mereka yang hafal kitab sucinya kemudian ada verifikasi yang akuntabel dapat pula memperoleh beasiswa,” tegasnya.

Selain ketiga jenis beasiswa itu, lanjut Hadi, ada pula Beasiswa Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menjadi aktivis di kegiatan-kegiatan kampus.

“Informasi beasiswa-beasiswa ini biasanya kami bagikan di laman www.kemahasiswaan.unair.ac.id atau melalui fakultas masing-masing,” terangnya.

Ke depannya, Direktorat Pendidikan akan bekerja sama dengan Direktorat Sistem Informasi agar informasi beasiswa dapat langsung diakses di laman CyberCampus Unair.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)