8 Cara Mudah Belajar Matematika untuk Jenjang SD

Selasa, 22 Februari 2022 - 10:40 WIB
loading...
8 Cara Mudah Belajar Matematika untuk Jenjang SD
8 cara mudah untuk belajar matematika SD. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tahap sekolah dasar (SD) memang tahap di mana anak akan baru mulai mengenal keadaan sekeliling. Oleh karena itu, mereka pun perlu cara mudah belajar Matematika SD biar cepat paham. Namun perlu digarisbawahi jika cara belajar saat SD memang berbeda dengan cara belajar SMP, SMA maupun kuliah.

Proses belajar yang salah saat SD dapat mempengaruhi perkembangan siswa di kemudian hari. Misalnya anak menjadi trauma dan tidak mau belajar karena pernah mengalami kejadian buruk saat belajar.

Agar proses belajar matematika di sekolah semakin mudah dan menyenangkan, berikut ini 8 cara mudah belajar matematika jenjang SD yang bisa diterapkan siswa bersama dengan orang tuanya yang dilansir dari laman Zenius di zenius.net.

1. Mulai dari Hal Dasar

Cara mudah belajar Matematika SD yang pertama bisa dimulai dari hal dasar. Misalnya, sebelum belajar cara berhitung, bisa mulai dengan mengenal nama dan bentuk angka.

Untuk tingkat lanjut, misalnya bagi siswa yang sudah duduk di kelas 4 sampai kelas 6 SD, cobalah untuk mengulang kembali sedikit pelajaran di tingkat sebelumnya biar lebih mudah mengerti pelajaran selanjutnya.

Orang tua bisa diajak menjadi pelatih atau guru supaya anak tidak belajar sendirian dan merasa bosan. Dengan belajar bersama, anak akan punya kesempatan bertanya dan berdiskusi kepada orang tua tentang materi yang lupa atau tidak dimengerti.

Baca: Raih Perak ISPO 2022, MAN 1 Kudus Jaga Tradisi Ikut Kompetisi Riset Internasional

2. Gunakan Barang Sehari-Hari

Barang-barang seperti kancing, uang receh, kaleng, kertas, hingga kerikil di taman ini bisa menjadi alat sebagai cara mudah belajar Matematika SD. Karena Matematika akan lebih mudah diajarkan ketika ada unsur keterlibatan langsung dan melihat semua benda secara fisik terutama untuk pemahaman konsep.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)