Mengenal Fakultas Psikologi Unair, Tiga Besar Terbaik di Indonesia

Selasa, 22 Februari 2022 - 20:43 WIB
loading...
Mengenal Fakultas Psikologi Unair, Tiga Besar Terbaik di Indonesia
Universitas Airlangga. Foto/Dok/Unair
A A A
JAKARTA - Salah satu fakultas unggulan di Universitas Airlangga ( Unair ) adalah Fakultas Psikologi . Selain tercatat di lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, Fakultas Psikologi Unair juga telah memperoleh akreditasi nasional dan internasional.

Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Unair Prof Suryanto menuturkan, program studi Psikologi Unair menempati urutan ketiga sebagai program psikologi terbaik di Indonesia pada peringkat Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2022.

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPsi Unair Nur Aini Fardana Nawangsari menambahkan, Fakultas Psikologi Unair juga telah memperoleh akreditasi baik dari BAN-PT maupun lembaga akreditasi internasional seperti AUN-QA dan FIBAA.

Baca: Pilih Jurusan Sastra Inggris di SNMPTN 2022, Peluang Kerja Terbuka Lebar

Fakultas Psikologi Unair, lanjutnya, juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Seperti Queensland University of Technology, Universiti Utara Malaysia, dan Zhejiang University.

Kerja sama ini meliputi kegiatan pertukaran mahasiswa (student exchange) antara Fakultas Psikologi Unair dan kampus-kampus tersebut. “Untuk program sarjana, FPsi Unair membuka jalur regular dan program sarjana kelas internasional dengan gelar ganda (double degree),” katanya melansir laman Unair di unair.ac.id, dikutip Selasa (22/2/2022).

Ia menjelaskan, mahasiswa program sarjana kelas internasional dapat mengikuti kegiatan perkuliahan baik di FPsi Unair maupun Queensland University of Technology serta mendapat gelar akademik dari kedua kampus ini.

“Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa S1 diharapkan dapat memahami pengetahuan dasar psikologi, melakukan penelitian di bidang psikologi, mengenal alat ukur psikologi, serta menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuan,” tegasnya.

Baca juga: 6 Soft Skill Sebelum Masuk Dunia Kerja yang Perlu Diketahui Mahasiswa

Selain itu, mahasiswa program sarjana juga diharapkan dapat menunjukkan kepekaan terhadap nilai, moral, dan masalah biopsikososial. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran, FPsi Unair juga dilengkapi dengan laboratorium psikologi dan laboratorium statistik yang dapat dimanfaatkan oleh para sivitas akademika FPsi Unair.

Fakultas Psikologi Unair juga dilengkapi dengan beberapa unit terapan guna mengimplementasikan keilmuan yang ada di fakultas. Unit terapan tersebut di antaranya LP3T (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Psikologi Terapan), PTPP (Pusat Terapan Psikologi Pendidikan), UPP (Unit Pelayanan Psikologi), Laboratorium PAUD Anak Ceria, dan PKPK (Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas).

“Adanya unit terapan ini tentunya akan memperkaya pengalaman mahasiswa selama berkuliah di FPsi Unair,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)