Ini 5 Etika Mengirim Email ke Dosen yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Rabu, 23 Februari 2022 - 12:47 WIB
loading...
Ini 5 Etika Mengirim Email ke Dosen yang Wajib Diketahui Mahasiswa
5 etika mengirim email ke dosen. Foto/KORAN SINDO/Wawan Bastian
A A A
JAKARTA - Mahasiswa perlu tahu kalau mengirim email ke dosen itu tidak bisa sembarangan. Mahasiswa harus memperhatikan format pengiriman email hingga bahasa yang digunakan.

Pandemi membuat sistem perkuliahan berubah. Dari yang semula belajar tatap muka kini harus belajar secara daring sehingga tugas-tugas kuliah yang diminta dosen pun harus dikirimkan melalui email.

Meskipun demikian, ada beberapa aturan saat mahasiswa harus mengirim email ke dosen. Dilansir dari laman ITEBA di iteba.ac.id, berikut ini lima etika mahasiswa untuk mengirimkan email ke dosen.

Baca: Guru, Ini 4 Cara Mudah Pelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar

1. Tulis subjek email

Pada saat kalian ingin mengirimkan email ke dosen, pastikan subjek email telah terisi. Misalnya, isi subjek email dengan nama, nomor mahasiswa, dan mata kuliah yang diampu. Dengan demikian, email yang dikirim akan terlihat dengan jelas.

2. Perkenalkan diri terlebih dahulu

Setelah subjek email terisi, kalian bisa mengisi bodi email dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Singkat saja, dengan memperkenalkan nama, nomor mahasiswa, dan jelaskan bahwa kalian sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen tersebut.

Baca juga: 5 Cara untuk Jaga Keamanan Data Akun Belajar.id

3. Perhatikan format pengiriman tugas sesuai yang dianjurkan dosen

Sebagian dosen mungkin sudah memberikan format pengiriman tugas. Misalnya, memberikan informasi tata cara penamaan file tugas. Hal itu sebaiknya diterapkan. Pasalnya, format pengiriman tugas amat penting sehingga dosen bisa membedakan tugas para mahasiswa dari email-email lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)