Cerita Clavi, Mahasiswa Unair Raih Beasiswa Pertukaran Mahasiswa ke Turki

Rabu, 23 Februari 2022 - 14:35 WIB
loading...
Cerita Clavi, Mahasiswa Unair Raih Beasiswa Pertukaran Mahasiswa ke Turki
Clavi dan Mohammad Akmal di depan Rektorat Çukurova Üniversitesi. Foto/tangkap layar laman Unair
A A A
JAKARTA - Belajar ke luar negeri dengan beasiswa penuh menjadi salah satu impian mahasiswa. Tidak terkecuali bagi mahasiswa Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (Unair) Akuakultur 2019 Clavinova Damayanti Agita.

Clavinova atau yang akrab disapa Clavi menerima beasiswa European Region Action Scheme for the Mobility of University Student atau yang kerap dikenal Erasmus+ di Turki.

Program pertukaran mahasiswa tersebut berlangsung selama satu semester dari Februari hingga Juni 2022 mendatang. ‘’Erasmus ini Beasiswa Eropa, kalau Indonesia punya LPDP/IISMA, Eropa punya Erasmus dan European Solidarity Corps,’’ katanya melansir laman Unair di unair.ac.id, Rabu (23/2/2022).

Clavi tidak sendiri. Akan tetapi, ia ditemani Mohamad Akmal Alwi Husein dari Teknologi Hasil Perikanan FPK Unair 2018 yang juga penerima beasiswa. Clavi juga tidak kali pertama belajar ke luar negeri.

Pasalnya ia kerap terlibat dalam kegiatan skala internasional, seperti halnya Model United Nations, English Debate dan masih banyak lainnya.

Baca: Catat, Ini Waktu Mulai Kuliah untuk Calon Penerima Beasiswa LPDP 2022

Tidak hanya itu, gadis ini juga aktif menyuarakan suara perempuan-perempuan hebat di seluruh dunia, hingga mengantarnya menjadi Youth Representative and Advocate in Education Access and Opportunity for Women and Girls dalam United Nations Women.

Dalam proses beasiswa Erasmus, ia menjelaskan seleksi berkasnya terdiri dari CV, sertifikat kemampuan bahasa (IELTS/TOEFL/CEFR), transkrip nilai, paspor dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Selanjutnya, tahap wawancara bahasa Inggris dengan dekan.

“Pada wawancara tersebut sebenarnya Dekan FPK Unair hanya ingin mengetahui seberapa siap kita dan seberapa layak kita untuk dipilih,” papar Clavi Mahasiswa Berprestasi FPK 2021 itu.

Setelah itu pengumuman dan semua berkas dikirimkan ke International Office yang akan meneruskannya ke pihak Erasmus+ di Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)