Mau Pilih S1 atau D4? Simak Perbedaannya Berikut Ini

Kamis, 24 Februari 2022 - 15:29 WIB
loading...
A A A
Skripsi mewajibkan mahasiswa untuk menggali, menganalisis dan memecahkan fenomena yang ada di masyarakat berdasarkan teori yang telah dipelajari.

Sedangkan TA mengharuskan mahasiswa untuk membuat karya atau memecahkan masalah yang ada di perusahaan sesuai dengan skill yang mereka latih di bangku perkuliahan.

Baca juga: Mahasiswa, Begini Kiat Membangun Personal Branding di Medsos

Gelar Kelulusan

S1 memperoleh gelar Sarjana Ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Ilmu Pendidikan (S.Pd), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.IKom), atau Sarjana Ilmu Ekonomi (S.E).

Mahasiswa D4 juga meraih gelar Sarjana dengan kata Terapan di tengah gelar. Misalnya (S.Tr.T) yang berarti Sarjana Terapan Teknik, (S.Tr.P) untuk Sarjana Terapan Pariwisata.

Studi Lanjutan

Lulusan S1 bisa melanjutkan ke jenjang Magister atau yang lebih dikenal dengan sebutan S2. Begitupun mahasiswa D4 dapat melanjutkan studi ke jenjang Spesialis 1 (SP 1) atau Magister biasa dengan ketentuan yang ada di masing-masing universitas.

Prospek Kerja

S1 dan D4 memiliki peluang kerja yang sama dengan keunggulan masing masing. Akan tetapi, lulusan D4 lebih diutamakan untuk pekerjaan yang memerlukan portofolio (hasil karya) seperti Teknik, Desain, dan sebagainya.

Namun jangan cemas, kalian boleh melamar kerja dengan persyaratan S1 meskipun kamu lulus dengan gelar STr, begitupun sebaliknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)