Mahasiswa UNPAR Bagikan Tips Lolos Program Magang Bersertifikat Kemendikbudristek

Sabtu, 26 Februari 2022 - 08:02 WIB
loading...
Mahasiswa UNPAR Bagikan Tips Lolos Program Magang Bersertifikat Kemendikbudristek
Mahasiswa UNPAR lolos menjadi peserta dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Tahap 2 .
A A A
BANDUNG - Berbagai program yang ditawarkan dalam Kampus Merdeka dinilai menjadi win-win solution untuk melahirkan talenta terbaik. Dalam hal ini, sebanyak 38 mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) lolos menjadi peserta dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Tahap 2 pada 2022 Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) UNPAR, Elvira Gosal membagikan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti program MSIB. Mahasiswa angkatan 2019 itu pun berbagi tips dan perencanaan yang bisa disiapkan bagi rekan mahasiswa yang ingin mencoba untuk mengikuti program Kampus Merdeka tersebut.

Elvira yang kini menjalankan programnya di PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menuturkan, berbagai benefit yang didapat. Mulai dari pelatihan praktis oleh mentor profesional hingga mengasah kemampuannya untuk menganalisis sumber daya sebagai solusi atas sebuah masalah.

“Tentunya saya mendapatkan beberapa hal yang akan menunjang perjalanan karier saya setelah jenjang perkuliahan nanti. Juga memperluas jaringan relasi dengan teman-teman intern lainnya,” tutur Elvira yang bertugas sebagai Social Media & Content Writer Intern, pada Jumat (25/2/2022).

Tips Lolos Magang Bersertifikat
Elvira juga berbagi tips untuk teman mahasiswa lainnya agar lolos seleksi dalam program MSIB batch selanjutnya, yaitu:

1. Jangan takut untuk memulai dan percaya pada kapabilitas diri sendiri. Tentunya dibarengi dengan persiapan yang matang dan rasa ingin tahu yang besar.

2. Kenali potensi dan tentukan target. Dalam proses seleksi, tunjukkan kapabilitas diri, baik secara teknikal maupun soft skill.

3. Jangan ragu mencari mentor dan meminta bimbingan dari mereka yang sudah berpengalaman di program ini.

Selanjutnya, untuk dapat lolos seleksi, ada beberapa hal juga yang perlu dipersiapkan, yakni sebagai berikut:

1. Persiapkan berkas-berkas seperti CV, sertifikat pencapaian, surat rekomendasi, dan segala keperluan yang sudah diinformasikan melalui website Kampus Merdeka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3988 seconds (0.1#10.140)