Inovatif, Mahasiswa Unair Ciptakan Aplikasi Literasi Digital

Senin, 28 Februari 2022 - 17:01 WIB
loading...
Inovatif, Mahasiswa Unair Ciptakan Aplikasi Literasi Digital
Ilustrasi aplikasi APA BISA. Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Airlangga ( Unair ) Januar Firmansyah menggagas aplikasi belajar siswa bernama “APA BISA”. Aplikasi tersebut ditujukan sebagai media pembelajaran dan literasi digital inovatif untuk pendidikan di Indonesia.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi ini menyampaikan, dengan adanya APA BISA (Aplikasi Belajar Siswa) maka permasalahan mengenai kurang efektifnya proses belajar mengajar akibat metode ceramah dapat diatasi.

Penggunaan aplikasi ini, sambung Januar, bertujuan sebagai sebuah alternatif untuk mengajak siswa memahami materi pembelajaran dengan cara yang berbeda yaitu dengan bermain sambil belajar.

“Mereka dapat menerima materi pembelajaran yang diberikan dengan perasaan senang karena media pembelajaran yang memudahkan mereka untuk memahami materi tersebut,” katanya melansir laman Unair di unair.ac.id, dikutip Senin (28/2/2022).

Baca: Tekan Penyebaran Omicron, ITB Luncurkan Aplikasi Covid Trak

Selain itu, tambahnya, fitur yang menarik akan sangat membantu siswa. Karena kondisi ini akan menimbulkan suasana belajar mengajar yang efektif sehingga para siswa memiliki kemampuan intelektual yang baik.

Melalui aplikasi APA BISA, lanjutnya, permasalahan mengenai rendahnya kualitas pendidikan akibat kurang efektifnya proses belajar mengajar dapat diatasi.

“Berdasarkan penguraian masalah mengenai betapa pentingnya kualitas pendidikan terhadap kesejahteraan masyarakat dan juga keberlangsungan pembangunan negara serta kenyataan yang dihadapi berupa rendahnya kualitas pendidikan dapat diatasi dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar,” papar Januar.

Baca juga: SMM PTN-Barat Diluncurkan, Simak Persyaratan dan Daftar 25 PTN Pilihannya

Media tersebut, tandasnya, telah dirancang dan dikombinasikan dengan permainan sehingga sekaligus dapat menjadi media edukasi dan hiburan. Aplikasi APA BISA, sambung Januar, memiliki tiga keunggulan.

Tiga keunggulannya yaitu, pembelajaran akan lebih menarik perhatian pelajar, pelajar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran serta metode mengajar akan lebih variatif dan juga tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan guru.

“APA BISA menyediakan ringkasan materi yang disusun dalam sebuah gambar kemudian dimainkan dengan cara menyesuaikan gambar-gambar yang terdapat di dalamnya sehingga pelajar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)