Siswa, Ini 9 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tak Disukai

Rabu, 02 Maret 2022 - 09:04 WIB
loading...
Siswa, Ini 9 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tak Disukai
Suasana belajar di SDN 01 PG Pulau Panggang DKI Jakarta. Foto/SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Sebagai pelajar , pasti ada kalanya tidak suka dengan satu atau dua mata pelajaran di sekolah . Berbagai alasan pun melatarbelakangi siswa tidak suka akan mata pelajaran tersebut.

Mulai dari sulit dimengerti, terkesan membosankan untuk dipelajari, atau bahkan hanya karena kurang suka dengan cara mengajar gurunya. Memang adanya ketidaksukaan pada mata pelajaran itu terbilsang wajar.

Namun, jika ingin lulus dari sekolah dengan nilai dan prestasi yang baik maka masalah ini pun harus dicari solusinya. Jangan sampai ada satu atau mata pelajaran yang sebenarnya bisa dipelajari dengan baik namun hanya karena tidak disukai menjadi penghalang kesuksesan kalian di sekolah.

Lalu bagaimana tips jitu mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai di sekolah? Melansir laman Ruangguru di ruangguru.com, berikut ini langkah sukses untuk mengatasi kendala tersebut.

Baca: Menangkan MIT Solve, EdTech ICANDO Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

1. Coba berbagai macam metode belajar

Coba berbagai macam variasi metode belajar dan temukan tipe belajar yang paling cocok. Misalnya hari ini menggunakan flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat.

Selain itu, mengubah lokasi belajar pun dapat berpengaruh. Pasalnya, suasana baru akan memunculkan semangat baru. Cari lokasi yang kondusif untuk belajar, misalnya taman, museum, dan sebagainya.

2. Cari celah-nya

Bagi pelajaran yang dirasa sulit, kamu perlu mencari ‘celah’-nya. Carilah pola belajar atau mengerjakan soal dengan cara yang mudah kamu pahami. Setelah menemukan celahnya, pasti ke depannya akan terasa lebih ringan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)