Unila PTN Nomor Satu di Luar Pulau Jawa Versi Webometrics 2022

Jum'at, 04 Maret 2022 - 09:57 WIB
loading...
Unila PTN Nomor Satu di Luar Pulau Jawa Versi Webometrics 2022
Unila PTN No 1 di Luar Pulau Jawa Versi Webometrics 2022. Foto/Tangkap layar laman Unila.
A A A
JAKARTA - Masuk daftar pemeringkatan internasional merupakan suatu prestasi tersendiri bagi perguruan tinggi. Bahkan bisa menjadi salah satu faktor masyarakat untuk memilih kampus untuk melanjutkan studi.

Salah satu pemeringkatan internasional yang menjadi rujukan daftar perguruan tinggi terbaik adalah Webometrics Ranking of World Universities yang secara berkala merilis daftar universitas terbaik dunia termasuk di Indonesia pada 2022 ini.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Dilakukan sejak 2004, pemeringkatan ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan perguruan tinggi. Puluhan ribu perguruan tinggi dari lebih 200 negara masuk daftar pemeringkatan.

Baca: Pendaftar SNMPTN 2022 Unesa Naik Signifikan, Manajemen Tertinggi

Melansir laman Universitas Lampung (Unila) di unila.ac.id, 2022 ini peringkat Webometrics Unila mengalami peningkatan luar biasa dari 2021 yang berada di peringkat 25, kemudian melesat ke posisi 10 dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics yang dirilis Januari 2022.

Posisi tersebut menempatkan Kampus Hijau ini sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di luar Pulau Jawa versi Webometrics. Berdasarkan website www.webometrics.info, diumumkan juga posisi impact rank Unila 818, oppennes rank 1525, dan excellence 3676.

Penelitian berbasis website tersebut banyak dijadikan rujukan perguruan tinggi di dunia untuk melihat seberapa intens masyarakat mengakses website perguruan tinggi untuk kebutuhan layanan pendidikan tinggi. Hasil pemeringkatan perguruan tinggi juga selalu menjadi topik menarik dan jadi perbincangan hangat.

Baca juga: Mahasiswa UI Kembali Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Internasional

Meski mayoritas perguruan tinggi terbaik di Indonesia berada di Pulau Jawa, calon mahasiswa bisa menjadikan hasil pemeringkatan tersebut sebagai acuan dalam memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan, salah satunya Unila.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)