Mahasiswa, Ini Beasiswa Kedokteran di 6 Kampus Ternama

Jum'at, 04 Maret 2022 - 11:30 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Beasiswa Kedokteran di 6 Kampus Ternama
Mahasiswa kedokteran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bercita-cita menjadi dokter masih menjadi dambaan masyarakat untuk menapaki karier profesional di bidang kesehatan. Namun tidak dapat dipungkiri jika biaya kuliah di jurusan kedokteran ini terbilang lebih tinggi dari jurusan lainnya.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab mahalnya kuliah kedokteran ini karena para mahasiswa harus membeli peralatan dan bahan untuk biaya praktikum kedokteran.

Meski biaya kuliahnya terbilang mahal, namun nyatanya fakultas kedokteran masih tetap menjadi fakultas favorit mahasiswa baru dan tidak pernah sepi peminat.

Bagi kalian calon mahasiswa baru yang ingin mewujudkan mimpi kuliah di kedokteran namun terkendala biaya, berikut ini daftar beasiswa kedokteran dari PTN dan juga perguruan tinggi swasta (PTS) ternama di Indonesia dilansir dari laman Quipper di quipper.com.

Baca: Cerita Novita, Putri Pedagang Sayur Keliling yang Lulus dari UNY dengan IPK 3,84

1. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara akan membagikan beasiswa berupa potongan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) sampai dengan 100% melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Pendaftaran ajang QSA 2022 terbuka hingga 18 Maret 2022 dan berlaku juga untuk mendaftar ke Fakultas Kedokteran.

Beasiswa Kedokteran di Universitas Tarumanagara

Besaran potongan SPP yang bisa diperoleh akan ditentukan berdasarkan nilai rata-rata rapor Kelas 10 dan Kelas 11. Khusus untuk Fakultas Kedokteran, peserta juga harus mengikuti psikotes online.

Secara umum, persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara
2. Memenuhi kualifikasi untuk program S1
3. Rata-rata nilai rapor minimal 70 (non Kedokteran), rata-rata nilai rapor minimal 80 (Kedokteran)

Untuk program Kedokteran, nilai rapor rata-rata minimal 80 dilihat dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) gabungan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Selain itu, besaran SPP normal (tanpa beasiswa) untuk Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter adalah Rp350.000.000. SPP ini hanya dibayarkan satu kali di awal.

2. Universitas Kristen Maranatha

Kesempatan untuk meraih beasiswa kedokteran melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 juga terbuka melalui Universitas Kristen Maranatha. Universitas Kristen Maranatha akan membagikan beasiswa total hingga Rp375.000.000 untuk semua program studi, termasuk Kedokteran.

Beasiswa tersebut akan disalurkan untuk 20 orang, masing-masing akan mendapatkan beasiswa Rp10.000.000-Rp30.000.000.

Persyaratan umumnya adalah:

1. Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara
2. Memenuhi kualifikasi untuk program S1

Bagi yang mendaftar ke Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, harus melampirkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna.

Baca juga: 27.924 Calon Mahasiswa Berebut Masuk Unimed, Pendidikan Guru SD Prodi Paling Diburu

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia membuka kesempatan untuk meraih beasiswa bagi mahasiswa Kedokteran, antara lain melalui:

1. Beasiswa Kedokteran di Universitas Indonesia
2. Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB)

Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup untuk seorang mahasiswa kedokteran. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan bantuan fasilitas penunjang akademik.

Persyaratannya:

1. Telah terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
2. Memperoleh penetapan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB) kurang dari Rp5.000.000
3. Belum mendapatkan beasiswa dari pihak lain.

Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB)

BOPB merupakan penerapan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UI. Skema ini memungkinkan mahasiswa membayar biaya uang kuliah sesuai kemampuan ekonomi orang tua atau wali. Mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SIMAK, SNMPTN dan SBMPTN dapat mengajukan BOPB.

4. Universitas Pertahanan

Universitas Pertahanan adalah fasilitas pendidikan tinggi yang dibina Kementerian Pertahanan. Unhan menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya pendaftaran, kuliah, studi, hingga kebutuhan hidup di asrama dan makan. Kabar gembiranya, beasiswa juga berlaku untuk Fakultas Kedokteran Militer (Prodi Kedokteran).

Persyaratan umumnya antara lain:

1. WNI
2. Sehat jasmani dan rohani dan tidak buta warna
3. Mempunyai ijazah SMA jurusan IPA atau SMK
4. Pendaftar maksimal lulusan 2021, minimal 2022
5. Tidak pernah tinggal kelas
6. Intelligence Quotient (IQ) minimal 120
7. Usia maksimal 20 tahun saat masuk pendidikan
8. Tinggi badan minimal 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan dengan berat badan proporsional
9. Bersedia ditempatkan di mana saja.
10. Selama ikut pendidikan, bersedia untuk tidak menikah dan tidak hamil

5. Universitas Diponegoro

Beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro salah satunya Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat. Penerima beasiswa akan memperoleh Rp750.000 per bulan dan diberikan setiap 3 bulan.

Beasiswa lainnya yang terbuka untuk Kedokteran Undip antara lain Beasiswa Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia, Beasiswa TNI (Tentara Nasional Indonesia), Beasiswa Pertamina Foundation, dan Beasiswa Bank Indonesia.

6. Universitas Airlangga

Beberapa beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga salah satunya Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah. Penerima beasiswa akan mendapatkan Rp400.000/bulan yang dibayarkan langsung untuk 1 semester.

Beasiswa lainnya yakni Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat. Beasiswa sebesar Rp750.000 per bulan dan akan diberikan langsung tiap 3 bulan.

Ada pula Beasiswa Cendekia Baznas. Beasiswa yang diberikan yaitu subsidi UKT Rp2.700.000 per semester. Selain itu, terdapat Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), dalam bentuk tunjangan pendidikan untuk mahasiswa D4/S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester dua.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)