Dear Calon Mahasiswa, Passing Grade Bukan Jadi Prediksi Peluang Diterima di Unpad

Sabtu, 05 Maret 2022 - 13:38 WIB
loading...
Dear Calon Mahasiswa, Passing Grade Bukan Jadi Prediksi Peluang Diterima di Unpad
Suasana UTBK SBMPTN 2021 di UPN Veteran Jakarta. Foto/Dok. SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) berbagi informasi mengenai mekanisme masuk perguruan tinggi melalui Webinar Series Masuk PTN Impian. Salah satunya mengenai passing grade untuk memilih jurusan di kampus.

“Mudah-mudahan dengan bergabungnya di acara ini dapat menambah motivasi para calon mahasiswa untuk bergabung menjadi mahasiswa Unpad,” ujar Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Isis Ikhwansyah mengutip laman resmi Unpad, Sabtu (5/3/2022).

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi menjelaskan, Unpad membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 25%, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dengan kuota 35%, dan Mandiri dengan kuota 40%.

Baca: 3 Langkah Mudah Persiapan UTBK-SBMPTN 2022 dari Nol

Dalam memilih program studi, Dandi berpesan untuk tidak melihat passing grade atau nilai terendah dari masing-masing program studi untuk memprediksi peluang diterima di Unpad. Besarnya nilai pada passing grade tidak menggambarkan tingkat keketatan di Unpad.

“Yang paling bisa menggambarkan adalah daya tampung. Jadi silakan cari daya tampungnya,” ujar Dandi kepada para calon mahasiswa Unpad.

Baca juga: Tips Tetap Fokus Persiapan UTBK SBMPTN 2022 Saat Puasa

Lebih lanjut Dandi menjelaskan, berdasarkan informasi daya tampung dan jumlah peminat pada tahun lalu, dapat diprediksi rasio keketatan di masing-masing program studi.

Dandi pun menilai, lulusan Unpad memiliki prospek kerja baik. Hal ini di antaranya dapat terlihat dari sejumlah lulusan Unpad yang memiliki karier yang baik.

“Orang-orang yang masuk Unpad kemampuannya dapat dipertanggungjawabkan setelah keluar dari kampus,” ujarnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)