Dorong Penerbitan Jurnal Ilmiah, UEU-ADAI Gelar Simposium Nasional Dosen Akuntansi

Senin, 07 Maret 2022 - 15:15 WIB
loading...
Dorong Penerbitan Jurnal Ilmiah, UEU-ADAI Gelar Simposium Nasional Dosen Akuntansi
Universitas Esa Unggul (UEU) dan ADAI akan menggelar Simposium Nasional Dosen Akuntansi (SINDA-1). Foto/Dok/UEU
A A A
JAKARTA - Universitas Esa Unggul ( UEU ) dan Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI) akan menggelar Simposium Nasional Dosen Akuntansi (SINDA-1). Simposium akan diselenggarakan pada 16-17 Maret 2022, bertema 'Keberlanjutan Usaha Dalam Ketidakpastian Lingkungan Masa New Normal'.

Ketua DPW Asosiasi Dosen Akuntansi ( ADAI ) Wilayah DKI Dr. Rilla Gantino, SE., Ak., MM menerangkan acara ini merupakan langkah strategis di kalangan Civitas Akademika.



Hal ini sebagai upaya mendorong dosen akuntansi untuk terus meneliti dan menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal nasional. Termasuk membangun networking guna menciptakan peluang untuk kolaborasi penelitian dan pelaksanaan pengabdian masyarakat.

"Kegiatan SINDA ini merupakan salah satu cara pencapaian misi ADAI yaitu Mengembangkan penelitian di bidang akuntansi;Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang akuntansi. Ke depannya ADAI akan mendorong kerja sama dalam mengembangkan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk beberapa kegiatan," kata Dr. Rilla dalam keterangan pers, Senin (7/3/2022).

Menurut Rilla, salah satu yang menjadi fokus ialah bagaimana Tugas Akhir/Skripsi mahasiswa dapat disebarkan (didiseminasi) menjadi artikel dalam kegiatan Call for Papaer yang banyak diselenggarakan setiap tahunnya dan dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi.



"Jadi nantinya kami mendorong seluruh peserta untuk memanfaatkan tugas akhir (skripsi) mahasiswa yang merupakan karya ilmiah hasil kolaborasi antara mahasiswa dan dosen pembimbing yang dapat dimanfaatkan oleh kedua belah pihak apabila karya ilmiah tersebut dijadikan artikel, diseminasikan dalam kegiatan call for paper yang banyak diselenggarakan setiap tahun dan dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi," terangnya.

Rilla pun menambahkan, dapat dibayangkan apabila setiap dosen pembimbing memiliki 6 anak bimbingan dalam satu semester atau 12 orang dalam satu tahun. Artinya, nama dosen pembimbing tersebut akan tersebar di 12 media jurnal nasional terkreditasi. Tentunya ini akan membantu meningkatkan reputasi program studi.

Rangkaian kegiatan SINDA adalah Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan presentasi dari call for paper penelitian dan pengabdian masyarakat yang terdiri dari 21 subtema, penandatangan MoU dengan beberapa kampus. Acara seminar akan menghadirkan pembiacara Prof. Dr. H. Haryono Umar., SE., Ak, M.Sc., CA., Prof. Eko Ganis Sukoharsono, Mcom, Hons, PHD, dan Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir

Simposium ini sangat tepat untuk diikuti oleh seluruh Sivitas Akademika baik dosen-dosen, Mahasiswa S1, S2 dan S3 untuk mengikuti workshop, seminar maupun presentasi paper, bagi yang berminat untuk mengirimkan abstrak dan full paper dapat dikirimkan ke email: sinda.1adaidki@gmail.com dan untuk memperoleh informasi lengkap serta template paper dapat mengunjungi website di https://sinda.adaindonesia.or.id/
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)